PENGARUH HARGA TERHADAP MINAT BELI CALON MAHASISWA BARU POLITEKNIK SAHID
DOI:
https://doi.org/10.56743/jstp.v10i2.432Keywords:
Pengaruh Harga, minat beli, Calon Mahasiswa BaruAbstract
Tujuan: Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga terhadap minat beli calon mahasiswa baru Politeknik Sahid.
Metodologi: Penelitian ini dilakukan pada kampus Politeknik Sahid. Adapun pengolahan data diperoleh dari pengumpulan data kuesioner yang dibagikan kepada 82 responden adapun teknik analisis yang digunakan yakni analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas dan analisis kuantitatif.
Implikasi: Dari hasil uji korelasi menunjukan terdapat hubungan antara pengaruh harga dengan minat beli calon mahasiswa baru. Hasil dari uji validitas, pengaruh harga terhadap minat beli calon mahasiswa baru adalah valid karena nilai r hitung dengan nilai r tabel lebih besar. Hasil dari uji reliabilitas, pengaruh harga terhadap minat beli calon mahasiswa baru adalah konsisten, karena nilai dari variabel X 0,861 lebih besar dari 0,6 (0,861 > 0,6) sedangkan nilai dari variabel Y 0,944 lebih besar dari 0,6 (0,944 > 0,6). Hasil dari uji korelasi pearson, pengaruh harga terhadap minat beli calon mahasiswa baru adalah berhubungan. Hasil dari uji statistic deskriptif, dari variabel X adalah pernyataan nomor 4 mendapatkan nilai mean tertinggi. Sedangkan hasil dari uji statistic deskriptif, dari variabel Y adalah pernyataan nomor 10 mendapatkan nilai mean tertinggi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hady Chandra Kurniawan, Baskoro Harwindito, Novi Handayani, Reza Imani Syawal, Deri Abdul Ramdani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.