Studi Kelayakan Bisnis Jamu Tradisional Djamuti Di Depok

Authors

  • Budi Bagaskoro Politeknik Sahid
  • Rio Luthfiandana Politeknik Sahid
  • Baskoro Harwindito Politeknik Sahid
  • Yanti Suzana Politeknik Sahid
  • Karmila Istiqomah Politeknik Sahid

DOI:

https://doi.org/10.56743/jstp.v9i1.309

Keywords:

Studi Kelayakan Bisnis, UMKM, Jamu Tradisional

Abstract

Tujuan: Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan usaha Djamuti, untuk mengetahui perkembangan bisnis ini ditinjau dari berbagai aspek keuangan dan non keuangan.
Metode: Penilitian ini mengunakan metode kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan berdasarkan pada data dan informasi yang dilakukan selama waktu tertentu sevara mendalam dan teliti. alam penilitian untuk mengetahui alternatif strategi yang tepat mengunakan kajian analisis Matriks EFAS, Matriks IFAS dan Matriks SWOT.  Fokus analisis kelayakan adalah aspek finansial meliputi BEP, NPV, IRR, NET B/C dan PP.
Implikasi: Hasil analisis menunjukkan “Djamuti” layak dalam aspek yudiris, teknikal, pasar dan lingkungan. Pada aspek finansial menunjukkan nilai positif dengan nilai NPV: Rp 165.561.397,00, IRR: 40,6%, NET B/C 1,25 dan PP 255 Hari untuk bisa menutup kebutuhan modal awal. Langkah untuk menaikkan penjualan setelah terjadi kenaikan bahan baku dengan melakukan penjualan yang lebih banyak baik online dan offline, mempromosikan produk dengan penawaran yang menarik misalnya paket bundling atau hampers, dan membuat iklan interaktif melalui Facebook dan Instagraam Ads dengan target pasar yang telah ditentukkan oleh Djamuti yaitu remaja putri, ibu rumah tangga dan ibu lanjut usia. Harapan untuk kedepannya Djamuti berharap bisa mengolah produk jamu dalam bentuk bubuk yang bisa distribusikan ke seluruh Indonesia.

Downloads

Published

30-03-2024

How to Cite

Bagaskoro, B., Luthfiandana, R., Harwindito, B., Suzana, Y., & Istiqomah, K. (2024). Studi Kelayakan Bisnis Jamu Tradisional Djamuti Di Depok. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 9(1), 01–10. https://doi.org/10.56743/jstp.v9i1.309

Most read articles by the same author(s)