Pemanfaatan Tepung Biji Durian Sebagai Subtitusi Tepung Terigu Dalam Pembuatan Pasta

Authors

  • Marya Yenny Politeknik Sahid
  • Richie Perdana Putra Politeknik Sahid
  • Mita Purnamasari Politeknik Sahid
  • Rezka Aida Politeknik Sahid
  • Tanita Andrea Politeknik Sahid

DOI:

https://doi.org/10.56743/jstp.v8i1.219

Keywords:

Tepung biji durian, biji durian, pasta

Abstract

Tujuan: Saat ini banyak produk olahan yang menggunakan daging durian, tetapi bukan biji durian. Sedangkan pada biji durian terdapat kandungan pati sebesar 66,49%. Melalui inovasi pembuatan tepung dari biji durian, peneliti terdorong untuk melakukan uji coba dengan membuat produk baru menggunakan tepung biji durian untuk dijadikan makanan olahan salah satu sumber karbohidrat yaitu pasta.
Metode: Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis ANOVA dan Duncan. Analisis ini bertujuan untuk menguji perbedaan uji preferensi hedonis dan uji kualitas hedonis masing-masing parameter dari beberapa sampel dengan persentase 0%, 10%, 20%, 40% dan 60%. Parameter tersebut adalah warna, rasa, aroma dan tekstur. Penelitian ini menggunakan sebanyak 25 orang panelis yang akan diminta untuk melakukan penilaian produk.
Implikasi: Tepung Biji Durian dapat digunakan sebagai tambahan tepung terigu dalam pembuatan pasta dengan persentase 10%. Penambahan komponen seperti saus dan bahan lainnya sangat disarankan, tujuannya agar lebih menarik minat masyarakat untuk mau mengkonsumsi pasta pengganti tepung biji durian ini.

Downloads

Published

17-03-2023

How to Cite

Yenny, M., Putra, R. P., Purnamasari, M., Aida, R., & Andrea, T. (2023). Pemanfaatan Tepung Biji Durian Sebagai Subtitusi Tepung Terigu Dalam Pembuatan Pasta. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 8(1), 61–69. https://doi.org/10.56743/jstp.v8i1.219

Most read articles by the same author(s)