Inovasi Produk Minuman Herbal Jalema Sebagai Imunitas Tubuh Pada Masa Pandemi Covid

Authors

  • Dini Murniaty Politeknik Sahid
  • Marya Yenny Politeknik Sahid
  • Richie Perdana Putra Politeknik Sahid
  • Abi Saptadinata Politeknik Sahid
  • Bayu Septian Politeknik Sahid

DOI:

https://doi.org/10.56743/jstp.v8i1.237

Keywords:

Tanaman Jahe, Minuman Herbal, Uji Hedonik

Abstract

Tujuan: Minuman herbal merupakan minuman yang terbuat dari bahan alami yang memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan sistem pencernaan dan menangkal beberapa penyakit seperti flu dan batuk. Awal tahun 2020 Indonesia mengalami pandemi Covid-19. Virus ini dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, pneumonia akut, dan gagal ginjal. . Dengan melakukan upaya peningkatan imunitas yaitu membuat minuman Jalema. Minuman Jalema terdiri dari bahan dasar jahe merah, lemon, madu dan rempah-rempah (cangkir, kapulaga, kayu manis), dilihat dari potensi ketersediaan jahe yang cukup, akan semakin terbuka peluang bagi seluruh masyarakat Indonesia jika ingin mengkonsumsi jahe sebagai minuman herbal untuk menjaga kekebalan tubuh.
Metode: Untuk mengetahui tingkat kesukaan panalis dalam pembuatan minuman Herbal Jalema dan formulasi yang terbaik maka peneliti melakukan percobaan dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan. menggunakan Jahe (Zingiber Officinale), Lemon (Citrus Lemon), Madu (Honey) sebagai bahan dasar pembuatan minuman Jelema Herbal dengan 28ml madu 14ml lemon, 15% air jahe.
Implikasi: Dari hasil penelitian uji hedonik dan uji kualitas hedonik yang dilakukan bahwa untuk setiap perlakuan sampel terdapat perbedaan nyata yang nyata pada setiap parameter warna, aroma dan rasa, maka dilanjutkan uji Duncan.     

Downloads

Published

17-03-2023

How to Cite

Murniaty, D., Yenny, M., Putra, R. P., Saptadinata, A., & Septian, B. (2023). Inovasi Produk Minuman Herbal Jalema Sebagai Imunitas Tubuh Pada Masa Pandemi Covid. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 8(1), 49–60. https://doi.org/10.56743/jstp.v8i1.237

Most read articles by the same author(s)