Preferensi Konsumen Terhadap Produk Minuman Kopi Di Lim Kopi Tangerang

Authors

  • Mita Purnamasari Politeknik Sahid
  • Abi Saptadinata Politeknik Sahid

DOI:

https://doi.org/10.56743/jstp.v8i3.311

Keywords:

Preferensi, konsumen, produk minuman

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, menentukan atribut-atribut yang menjadi pilihan konsumen saat membeli minuman kopi di Kopi Lim Tangerang, dan memberikan rekomendasi produk yang paling disukai konsumen agar tetap bisa dipertahankan atau bahkan dikembangkan.
Metode: penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dan analisis conjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen Lim kopi adalah individu dengan rentang usia 17-25 tahun yang sedang menempuh pendidikan perguruan tinggi. Mayoritas dari mereka adalah pelajar atau mahasiswa dengan penghasilan sekitar Rp.1.000.000 hingga Rp.1.500.000. Atribut-atribut yang menjadi pilihan konsumen saat membeli minuman kopi di Kopi Janji Jiwa antara lain adalah varian es kopi susu, ditambah dengan topping ice cream, memiliki rasa manis, dan dengan harga Rp. 23.000.
Implikasi: Preferensi konsumen terhadap pembelian minuman kopi di Lim kopi tangerang berdasarkan nilai utilityyang diperoleh menjelaskan bahwa konsumen lebih menyukai minuman kopi dengan varian Latte, rasa manis dan harga Rp. 20.000. Berdasarkan nilai kepentingan atribut diketahui bahwa responden Lim kopi lebih cenderung mengutamakan faktor rasa dan harga dibandingkan dengan jumlah varian.

Downloads

Published

28-11-2023

How to Cite

Purnamasari, M., & Saptadinata, A. (2023). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Minuman Kopi Di Lim Kopi Tangerang . Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 8(3), 156–165. https://doi.org/10.56743/jstp.v8i3.311

Most read articles by the same author(s)