Preferensi Konsumen Terhadap Produk Minuman Kopi Di Lim Kopi Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.56743/jstp.v8i3.311Keywords:
Preferensi, konsumen, produk minumanAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, menentukan atribut-atribut yang menjadi pilihan konsumen saat membeli minuman kopi di Kopi Lim Tangerang, dan memberikan rekomendasi produk yang paling disukai konsumen agar tetap bisa dipertahankan atau bahkan dikembangkan.
Metode: penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dan analisis conjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen Lim kopi adalah individu dengan rentang usia 17-25 tahun yang sedang menempuh pendidikan perguruan tinggi. Mayoritas dari mereka adalah pelajar atau mahasiswa dengan penghasilan sekitar Rp.1.000.000 hingga Rp.1.500.000. Atribut-atribut yang menjadi pilihan konsumen saat membeli minuman kopi di Kopi Janji Jiwa antara lain adalah varian es kopi susu, ditambah dengan topping ice cream, memiliki rasa manis, dan dengan harga Rp. 23.000.
Implikasi: Preferensi konsumen terhadap pembelian minuman kopi di Lim kopi tangerang berdasarkan nilai utilityyang diperoleh menjelaskan bahwa konsumen lebih menyukai minuman kopi dengan varian Latte, rasa manis dan harga Rp. 20.000. Berdasarkan nilai kepentingan atribut diketahui bahwa responden Lim kopi lebih cenderung mengutamakan faktor rasa dan harga dibandingkan dengan jumlah varian.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mita Purnamasari, Abi saptadinata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.