Analisis SWOT Dalam Strategi Sales Call Pada Sales Dan Marketing Department Di Hotel All Seasons Jakarta Thamrin
DOI:
https://doi.org/10.56743/jstp.v9i1.356Keywords:
Strategi, Sales Call, Tingkat Hunian Kamar, HotelAbstract
Tujuan: Dalam penelitian ini, diulas mengenai strategi sales call terhadap tingkat hunian kamar di Hotel All Seasons Jakarta Thamrin, yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman strategi sales call. Strategi dari sales call ini memiliki kekuatan, kelemahan dari dalam, serta peluang dan ancaman dari luar yang disajikan hasilnya dalam Teknik pengolahan data SWOT yang terdiri atas Matrik IFAS dan EFAS. Berdasarkan analisis diketahui posisi All Seasons Jakarta Thamrin saat ini berada pada kuadran I yaitu posisi strategi Growth atau pertumbuhan agresif dengan skor IFAS 1.09 dan skor EFAS 0.59.
Metode: Metode pada penelitian ini dilakukan secara kualitatif deskriptif, penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 4 orang yang diambil secara sengaja. Produk yang dijual adalah kamar, meeting package, dan banquet product. Skill yang dikuasai adalah Communication skill, Public Speaking, Analytical Skill dan Negotiate Skill untuk menciptakan win-win solution antara tamu dengan hotel.
Implikasi: Harga yang dinegosiasikan selama kegiatan sales call bisa menjadi peluang atau ancaman. Harga permintaan bisa diatas contract rate, namun bisa juga menjadi ancaman karena permintaan harga yang terlalu rendah, serta perlu meningkatkan promosi serta iklan dan mengambangkan social media sebagai sarana promosi untuk menjamin kenyamanan, keuntungan dan fleksibilitas memesan kamar hotel secara langsung kepada salesman.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diyan Maulidasari, Asmawih, Rina Kurniawati, Rd Rita Ritasari, Aji Mahaditia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.