Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Digital Pada Mata Pelajaran Laundry Di SMKN 38 Jakarta Kelas 11 Jurusan Akomodasi Perhotelan
DOI:
https://doi.org/10.56743/jstp.v9i2.350Keywords:
Flipbook, Laundry, Media pembelajaranAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook sebagai sumber bacaan tambahan siswa.
Metode: Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).
Implikasi: Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook yang nantinya akan dilihat juga efektifitasnya saat diujicobakan pada murid. Responden penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 11 SMKN 38 Jakarta Jurusan Akomodasi Perhotelan sebanyak 18 orang secara keseluruhan. Hasil dari penelitian ini, media yang dikembangkan layak digunakan setelah melalui validasi ahli dan uji coba kelayakan pada pengguna. Sebesar 88% didapatkan dari ahli materi dan 100% dari ahli media yang masuk ke dalam kriteria Sangat Layak. Kemudian uji coba kelayakan pengguna sebesar 98% didapatkan dari uji perorangan (one to one) dan 93% didapatkan dari uji kelompok kecil (small group). Sedangkan hasil dari uji efektifitas media flipbook ini dilihat dari nilai pre-test dan post-test siswa-siswi sebelum diberikan media dan sesuai diberikan media. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai dari pre-test dan post-test.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febryanti Peedro Widyasari, Mulyati Mulyati, Jaka Marsita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.