Pengaruh Employee Empowerment Terhadap Service Quality Di Restoran Ayam Gepuk Pak Gembus Sunter Permai

Authors

  • Kusmayadi Politeknik Sahid
  • Budi Bagaskoro Politeknik Sahid
  • Ria Aryani Politeknik Sahid
  • Yanti Suzana Politeknik Sahid
  • Moenlie Caroline Politeknik Sahid

DOI:

https://doi.org/10.56743/jstp.v7i1.319

Keywords:

Pemberdayaan Karyawan, Kualitas Pelayanan, Ayam Gepuk Restaurant Pak Gembus Sunter Permai

Abstract

Employee empowerment adalah suatu pemberi wewenang dari seorang pemimpin perusahaan kepada karyawan yang menjadi proses penting untuk menghasilkan tenaga kerja yang kompeten, inisiatif, dan meningkatkan kualitas diri. Dalam pekerjaan, banyak hal yang terjadi dan pengawasan di restoranpun tidakterlalu tinggi. Kendala, keluhan dansituasi tidak terduga bisa terjadi kapan saja. Masih terdapat banyak restoran yang kurang memperhatikan pemberdayaan karyawan sehingga membuat pelanggan kecewa dengan pelayanan yang diberikan karyawan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji seberapa besar pengaruh employee empowerment terhadap service quality di Restoran Ayam Gepuk Pak Gembus Sunter Permai. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data responden dalam Penelitian ini menggunakan instrument kuesioner. Populasi yang digunakan adalah konsumen dari Restoran Ayam Gepuk Pak Gembus Sunter Permai. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas konsumen yang mengonsumsi ayam gepuk pak gembus sunter permai adalah adalah karyawansebanyak 54responden (54%). Kemudian mahasiswa/I sebanyak 25 responden (25%), pekerjaan lainnya sebanyak 12 responden (12%), dan wirausaha sebanyak 9 responden (9%). Teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling yang mendapakan 100 responden dengan menggunakan rumus rao purba. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa employe empowerment memiliki pengaruh terhadap Service quality di Restoran Ayam Gepuk Pak Gembus Sunter Permai sebesar 40,4% dari hasil analisis koefisien determinasi (R²) serta hasil uji t dengan nilai t hitung > t tabel (8,155 > 1,984). 

Downloads

Published

28-02-2022

How to Cite

Kusmayadi, Bagaskoro, B., Aryani, R., Suzana, Y., & Caroline, M. (2022). Pengaruh Employee Empowerment Terhadap Service Quality Di Restoran Ayam Gepuk Pak Gembus Sunter Permai. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 7(1), 34–46. https://doi.org/10.56743/jstp.v7i1.319

Most read articles by the same author(s)