Pengaruh Pengetahuan Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Ditempat Kerja Terhadap Sikap Dalam Penggunaan Alat Pelindung Diri Karyawan Bunda Grup Hotel Bukittinggi

Authors

  • Rina Dwiyanti Universitas Negeri Padang
  • Kasmita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.56743/jstp.v8i2.266

Keywords:

Pengetahuan, PHBS ditempat kerja, Alat Pelindung Diri

Abstract

Tujuan: Penelitian ini mempunyai tujuan yang mencakup atas: 1) Mendeskripsikan tingkat pengetahuan tentang PHBS di tempat kerja karyawan Bunda Grup Hotel Bukittinggi 2) Mendeskripsikan bagaimana sikap dalam penggunaan alat pelindung diri karyawan Bunda Grup Hotel Bukittinggi 3) Menganalisis pengaruh pengetahuan tentang PHBS di tempat kerja terhadap sikap dalam penggunaan APD karyawan Bunda Grup Hotel Bukittinggi.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui jenis pendekatan Asosiatif Kausal. Penelitian ini dilaksanakan di Bunda Grup Hotel Bukittinggi. Populasi pada penelitian ini yakni semua karyawan Bunda Grup Hotel Bukittinggi, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampel total dimana seluruh karyawan dijadikan sebagai sampel pada penelitian ini. Proses dalam meraih data yang dipakai untuk penelitian ini yakni melalui angket memakai model skala likert dan diuji validitas dan realibilitas. Data dilakukan analisis melalui penggunaan regresi linear sederhana yang diolah melalui bantuan SPSS versi 20.00.
Implikasi: Hasil dari penelitian ini memberikan penjelasan dimana: 1) Tingkat pengetahuan karyawan tentang PHBS ditempat kerja masuk dalm kategori yang baik melalui tingkat pencapaian skor pada angka 80,6%, 2) Sikap karyawan dalam penggunaan APD masuk dalam kategori yang baik melalui tingkat capaian skor pada angka 73,8%, 3) Terdapat pengaruh pengetahuan tentang PHBS ditempat kerja secara signifikan terhadap sikap dalam penggunaan APD karyawan sebesar 48,6%.

Downloads

Published

30-06-2023

How to Cite

Rina Dwiyanti, & Kasmita. (2023). Pengaruh Pengetahuan Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Ditempat Kerja Terhadap Sikap Dalam Penggunaan Alat Pelindung Diri Karyawan Bunda Grup Hotel Bukittinggi. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 8(2), 70–79. https://doi.org/10.56743/jstp.v8i2.266