Persepsi Pengunjung tentang Hygiene Makanan (Sala) di Ulakan Padang Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.56743/jstp.v8i1.223Keywords:
Persepsi, Pengunjung, Hygiene MakananAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung tentang keamanan pangan Ulakan Padang Pariaman.
Methods: Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metodologi survei. Dalam penelitian ini, data primer dan data sekunder digunakan. Pengunjung yang pernah berkunjung ke Ulakan Padang Pariaman dijadikan sampel penelitian. Purposive sampling digunakan dengan menggunakan sampel penelitian sebanyak 100 partisipan. Kuesioner dengan skala Likert yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas digunakan dalam proses pengumpulan data. SPSS 25.00 digunakan untuk mengolah data penelitian.
Implikasi: Hasil dari penelitian ini yang diadakan peneliti ketika mendistribusikan angket memperlihatkan dimana persepsi pengunjung tentang hygiene makanan di Ulakan Padang Pariaman memberikan pernyataan kategori yang sangat tidak baik melalui nilai rata – rata 72,04 terdapat pada <92,05. Sedangkan untuk indikator bahan makanan (minyak goreng) berada dalam kategori yang kurang baik melalui nilai rata – rata 8,90 terdapat pada rentang skor 8 < 10. Selanjutnya untuk indikator penyajian makanan terdapat pada kategori yang baik melalui nilai rata – rata 20,29 terdapat pada rentang skor 20 < 24, pada indikator personal hygiene terdapat pada kategori yang baik melalui nilai rata – rata 12,55 terdapat pada rentang skor 10,7 < 13,3, indikator peralatan terdapat pada kategori yang kurang baik melalui nilai rata – rata 19,44 terdapat pada rentang skor 16<20, dan yang terakhir yakni indikator area/ tempat memberikan pernyataan kategori yang kurang baik melalui nilai rata – rata 9,70 terdapat pada rentang skor 8 < 10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Furqan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.