ANALISA ABILITY TO PAY (ATP) DAN WILLINGNESS TO PAY (WTP) PENUMPANG MRT (MASS RAPIT TRANSIT) JAKARTA

  • Heru Suheryadi
  • Nicko Gana Saputra

Abstract

Kota Jakarta sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia dan merupakan ibu kota negara merupakan kota yang menjadi sasaran kedatangan para pelaku perjalanan, baik itu para pelaku perjalanan wisata maupun pelaku industri. Jakarta memiliki potensi keindahan alam serta keunikan budaya yang diminati oleh wisatawan baik mancanegara maupun wisatawan nusantara. Sektor pariwisata telah berhasil menjadi sumber utama pendapatan pariwisata di Jakarta. Masalah transportasi mulai menjadi perhatian dan telah diprediksikan jika tidak ada terobosan transportasi utama, kemacetan akan membanjiri kota dan akan menjadi lalu lintas yang sangat parah sehingga dapat menyebabkan kendaraan tidak dapat bergerak. Perbaikan dan penambahan infrastruktur untuk mencegah masalah tersebut sangat di dukung oleh Pemerintah, salah satunya adalah dengan adanya pembangunan MRT (Mass Rapid Transit) di Jakarta.

Metode pengumpulan data dengan melakukan observasi dan penyebaran kuesioner kepada penumpang MRT tujuan Bundaran HI untuk melakukan kegiatan Car Free Day. Pengukuran Ability To Pay menggunakan metode household budget dan Willingness To Pay menggunakan metode state preference. Hasil penelitian yaitu estimasi nilai rata – rata ATP sebesar Rp. 5.765,- dan nilai rata – rata WTP sebesar Rp. 1.130,-, dengan 85% responden bersedia membayar lebih untuk peningkatan keamanan.

Kata kunci : Transportasi, Kemampuan Membayar, Kemauan Membayar

References

Arcana, K. T. P., & Wiweka, K. (2018). THE IMPACT OF MANAGING SUSTAINABLE EVENT AND THE CONTRIBUTION TO THE FORMATION OF DESTINATION IMAGE AT NUSA DUA RESORT, BALI. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 6(1), 43-48.
Arcana, K., & Wiweka, K. (2016, May). Educational Tourism's Product Strategy at Batur Global Geopark, Kintamani-Bali. In Asia Tourism Forum 2016-the 12th Biennial Conference of Hospitality and Tourism Industry in Asia. Atlantis Press.
Badan Pusat Statistik (BPS Pusat). (2016) : Statistik Jumlah Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Nusantara 2011-2016 dan Pengeluaran Wisatawan, Jakarta : BPS Pusat.
Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta. (2016) : Jakarta Dalam Angka, Jakarta : BPS.
BLUD Stasiun. (2016) : Data Penumpang dan Realisasi Pendapatan, Jakarta : MRT.
Briggs, Susan. (2009) : Marketing for The Tourism and Leisure, Sydney, Australia.
Cooper, et al. (1998) : Tourism Principles and Practice, 2nd ed, New York : Prentice Hall.
Cronin, J.J. & Taylor S.A.(1994) : SERVPERF Versus SERVQUAL: Reconciling Performance-Based and Perception-Minus-Expectations Measurement of Service Quality, Journal of Marketing. 58 (January), hal. 125-131.
Damanik, D., Wachyuni, S. S., Wiweka, K., & Setiawan, A. (2019). The Influence of Social Media on the Domestic Tourist's Travel Motivation Case Study: Kota Tua Jakarta, Indonesia. Current Journal of Applied Science and Technology, 1-14.
Damanik, J dan Weber, H. (2006) : Perencanaan Ekowisata dari Teori ke Aplikasi, Yogyakarta : Andi.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi DKI Jakarta. (2016) : Data Kepariwisataan, Jakarta : BPS.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi DKI Jakarta. (2016) : Data Kunjungan Obyek Wisata di Jakarta, Jakarta : BPS.
Ismayanti. (2010) : Pengantar Pariwisata, Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana, Indonesia.
Kusmayadi Wiweka K, Parantika A, Wahyuni N, Adnyana P. A time series analysis of airline pricing behavior Case Study Jakarta (CGK) - Denpasar (DPS) Market. Journal of Economics, Management and Trade. 2019;22(6):1-10.
Available:https://doi.org/10.9734/jemt/2019/v22i630105
Muljadi. (2009): Kepariwisataan dan Perjalanan, Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sekaran, Uma. (2006) : Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Jakarta : Salemba Empat.
Setiawan, B., Trisdyani, N. L. P., Adnyana, P. P., Adnyana, I. N., Wiweka, K., & Wulandani, H. R. (2018). The Profile and Behaviour of ‘Digital Tourists’ When Making Decisions Concerning Travelling, Case Study: Generation Z in South Jakarta. Advances in Research, ISSN, 2348-0394.
Spillane, J. (2002) : Ekonomi Pariwisata Sejarah dan Prospeknya, Yogyakarta: Kanisus.
Sugiyono, (2012) : Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,cetakan 16 Bandung : Alfabeta.
Wahab, S. (1992) : Manajemen Kepariwisataan, Jakarta : PT Pradnya Paramita.
Warpani, Suwardjoko, P. (2007) : Pariwisata dalam Tata Ruang Wilayah, Bandung : ITB
Wiweka, K. (2018). ANALISIS PRODUK WISATA DI TAMAN BUMI PERKEMAHAN DAN GRAHA WISATA PRAMUKA (BUPERTA) CIBUBUR JAKARTA. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 5(2), 19-32.
Wiweka, K., Indrajaya, T., Wachyuni, S., Adnyana, P., & Hanorsian, A. (2019). Opportunities and Challenges for the Development of Sustainable Tourism Attraction at Batu Kapal Beach, Central Maluku Lilibooi Village. Advances in Research, 19(3), 1-14. https://doi.org/10.9734/air/2019/v19i330121
Yoeti, Oka . (1990) : Pengantar Ilmu Pariwisata, Bandung : Angkasa.
Published
2019-10-19
How to Cite
Suheryadi, H., & Saputra, N. (2019, October 19). ANALISA ABILITY TO PAY (ATP) DAN WILLINGNESS TO PAY (WTP) PENUMPANG MRT (MASS RAPIT TRANSIT) JAKARTA. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 4(2), 440-465. Retrieved from http://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/340