Efektifitas Pembelajaran Dengan Metode Number Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Membersihkan Dan Merapihkan Kamar Kelas Xi Ap 3 Smk Pariwisata Triatmajaya Singaraja Kabupaten Buleleng
Keywords:
Prestasi, Cooperative Learrning, Number Head TogetherAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efectifitas belajar tentang pelajaran membersihkan dan merapikan kamar tamu dengan Menggunakan Metode pembelajaran Number Head Together di kelas XI AP SMK Triatmajaya Singaraja. Penelitian ini adalah tindakan kelas yang menggunakan desain penelitian model Spiral Kemmis dan Taggart MC dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan refleksi. Teknik pengumpulan Data menggunakan tes prestasi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas siklus pertama 60.17 untuk pertama pra- tes dan pasca tes 86.72. Untuk kedua siklus 68.86 untuk pra-tes kedua pasca tes 92.37 . Jika peningkatan belajar prestasi yang menggunakan metode Number Head Together telah meningkat 82.76% di siklus pertama dan kedua siklus 88.31%. Berdasarkan data ini semua siswa dapat mencapai pada akhir tindakan standar KKM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yudhiet Fajar Dewantara, Antonius Rizki Krisnadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.