Peran Chef Ekspatriat Dalam Menjaga Food Cost Dan Kualitas Makanan Di Il Ristorante Bulgari Resort Bali

Authors

  • Jeremy Antonius Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Moch Nur Efendi Politeknik Internasional Bali

DOI:

https://doi.org/10.56743/jstp.v9i1.349

Keywords:

Chef, Ekspatriat, Food Cost, Kualitas Makanan

Abstract

Tujuan: Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan chef ekspatriat dalam menjaga food cost dan kualitas makanan.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka.
Implikasi: Chef ekspatriat memiliki kelebihan seperti standar kerja yang tinggi dan etos kerja yang baik. 8 Upaya yang dilakukan chef ekspatriat dalam menjaga food cost yaitu: 1) kombinasi antara ingredients, 2) teknik penyimpanan yang benar, 3) menghapus menu ala carte, 4) food recycling, 5) penggunaan bahan makanan dan takaran baku yang konsisten, 6) penggunaan transfer form, 7) pembelian bahan makanan yang tidak berlebihan, dan 8) ala minute preparation. 3 Upaya yang dilakukan oleh chef ekspatriat dalam menjaga kualitas makanan yakni mengganti kitchen equipment yang bermasalah, memasang heater untuk memanaskan piring, dan melakukan program training yang tepat kepada staff kitchen.

Downloads

Published

30-03-2024

How to Cite

Antonius, J., & Efendi, M. N. (2024). Peran Chef Ekspatriat Dalam Menjaga Food Cost Dan Kualitas Makanan Di Il Ristorante Bulgari Resort Bali. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 9(1), 31–40. https://doi.org/10.56743/jstp.v9i1.349