Optimalisasi Potensi Ekowisata Di Bantaran Aliran Sungai Siak Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Authors

  • Rahmad Ramadan Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo
  • Muhammad Bachtiar Rifai Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo
  • M Zacky Faluti Politeknik Sahid

DOI:

https://doi.org/10.56743/jstp.v8i2.267

Keywords:

Ekowisata, Sungai, Pekanbaru

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sumber daya ekowisata yang berada di sekitar bantaran sungai Siak di bawah Jembatan Siak III Kota Pekanbaru untuk dijadikan sebagai kawasan ekowisata.
Metode: Desain penelitian adalah Literature Review atau tinjauan pustaka. Adapun sifat dari penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, dengan menguraikan data yang telah diperoleh, kemudian diberikan pemahaman dan penjelasan agar dapat dipahami dengan baik oleh pembaca.
Implikasi: Hasil kajian menunjukkan bahwa kawasan tersebut memiliki topografi yang indah, terdapat beberapa keanekaragaman hewan endemik seperti ikan baung dan terdapat beberapa jenis pohon khas ekosistem sungai yang dapat dikembangkan menjadi kawasan ekowisata. Disimpulkan bahwa kawasan sepanjang Sungai Siak di sekitar jembatan Siak III memiliki potensi ekowisata yang dapat dikembangkan. Ada objek potensial yang dapat dibagi menjadi objek di sungai dan di tepi sungai. Rekomendasinya adalah pemerintah sebaiknya melakukan kajian lebih mendalam terkait studi kelayakan pengembangan, terkait analisis dampak lingkungan, dan menjalin kerjasama dengan pihak swasta yang dapat mendukung pengembangan potensi ekowisata di daerah tersebut.

Downloads

Published

30-06-2023

How to Cite

Ramadan, R., Rifai, M. B., & Faluti, M. Z. (2023). Optimalisasi Potensi Ekowisata Di Bantaran Aliran Sungai Siak Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 8(2), 101–111. https://doi.org/10.56743/jstp.v8i2.267

Most read articles by the same author(s)