Persepsi Kaum Milenial Terhadap Tempat Kongkow Favorit Di Jakarta

Authors

Keywords:

Persepsi, Generasi Milenial, Analisis SWOT

Abstract

Bonus demografi Indonesia didominasi oleh generasi milenial semenjak tahun 2012. Generasi yang tumbuh dalam lingkungan digital ini, memiliki karakteristik menonjol gemar berbelanja, gemar melakukan traveling, dan gemar menikmati kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi kaum milenial terhadap tempat kongkow favorit di kota Jakarta. Persepsi dari kaum milenial dijabarkan dalam atribut atraksi, aksesibilitas, Amenitas dan ancillary. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan mapping perceptional consumer matrix, dan diagram kartesius. Hasil yang didapat adalah sub atribut variasi produk makanan dan minuman, akses untuk kondisi darurat, area parkir, keakuratan harga, serta informasi dari influencer menempati Kuadran I. Sub atribut pada Kuadran II adalah pelayanan pramusaji dan ketersediaan layanan reservasi tempat. Pada Kuadran III terdapat Influencer desain interior & eksterior building, kondisi jalan dan keamanan tempat kongkow. Pada kuadran IV, terdapat: live entertainment, suasana (athmospehre), akses menuju lokasi, Akses wifi gratis (free), kebersihan tempat kongkow, dan ketersediaan metode pembayaran selain cash (credit card, melalui aplikasi, debit, dll).

Downloads

Published

10-06-2020

How to Cite

Derinta Entas, & Felicia Novita Rianto. (2020). Persepsi Kaum Milenial Terhadap Tempat Kongkow Favorit Di Jakarta. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 5(2), 8–17. Retrieved from https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/139