Pemetaan Perjalanan Pengunjung Pada Dieng Culture Festival Dengan Menggunakan Mobile Ethnography
Keywords:
Perjalanan pengunjung, Festival, Mobile ethnography, Festival budaya Dieng, Pengalaman PengunjungAbstract
Pengalaman pengunjung pada festival semakin lama menjadi semakin penting untuk ditelititidak hanya untuk melihat keberhasilan penyelenggaraan festival dalam memenuhi ekspektasi pengunjung tetapi juga akan berdampak kepada peningkatan kualitas event tersebut di masa yang akan datang.Penelitian ini sendiri memiliki tujuan untuk membuat visualisasi perjalanan pengunjung melalui touchpoints dengan melakukan identifikasi temuan pada touchpoints dan mendeskripsikan perjalanan pengunjung.Penelitian ini dibantu dengan penggunaan software yang dapat memetakan perjalanan pengunjung dalam sebuah festival. Metode pengumpulan data ini disebut juga dengan mobile ethnography, dimana penelitian ini meminta pengunjung menggunakan aplikasi experience fellow untuk menggambarkan pengalaman mereka selama menghadiri Dieng Culture Festival. Pengunjung tidak diarahkan dalam pemilihan touchpoints sehingga touchpoints pada masing-masing pengunjung berbeda sesuai dengan pengalaman yang dirasakan. Dieng Culture Festival dipilih dengan mempertimbangankan semakin meningkatnya festival budaya di Indonesia sebagai atraksi yang menjadi kekuatan pariwisata Indonesia. Penelitian ini berhasil menggambarkan pengalaman pengunjung yang dapat dijadikan masukan bagi penyelanggara festival secara umum dan penyelenggara Dieng Culture Festival secara khusus.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sonny Agustiawan, Dini Anggraeni Sirad, Yudho Hartono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.