Motivasi Konsumen Dalam Menggunakan Layanan Tiketing Di Agen Perjalanan Konvensional

Authors

Keywords:

Tiket Penerbangan, Layanan Tiketing, Agen Perjalanan, Online Travel Agency, Flight Ticketing, Travel Agency Service

Abstract

Meskipun layanan tiketing penerbangan telah mengalami perkembangan pesat dengan munculnya Online Travel Agency (OTA), namun layanan tiketing konvensional (offline) masih digunakan oleh sebagian konsumen. Artikel ini membahas bagaimana layanan tiketing di sebuah perusahaan Tours and Travel konvensional berlangsung, serta bagaimana motivasi konsumen dalam menggunakan layanan tiketing tersebut. Penelitian dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara kepada manajer perusahaan Tours and Travel, staff ticketing perusahaan, serta konsumen pengguna layanan ticketing konvensional Tours and Travel. Terungkap bahwa motivasi konsumen dalam menggunakan layanan tiketing konvensional cukup beragam. Antara lain adalah karena tidak familiar menggunakan aplikasi OTA, kesulitan mendapatkan koneksi internet yang baik, kendala dalam mengubah tanggal keberangkatan, serta kesulitan jika menghadapi masalah seperti ticket refund. Konsumen yang masih menggunakan layanan tiketing konvensional masih merasa terbantu untuk masalah-masalah tersebut. Salah satu saran yang bisa dikemukakan adalah jika layanan konvensional (offline) ditingkatkan kualitasnya (keramahan, kerapihan staff, menjalankan prosedur pelayanan dengan baik), maka bisa saja para konsumen akan bertahan dalam menggunakan layanan tiketing di perusahaan Tours and Travel konvensional.

Downloads

Published

17-07-2018

How to Cite

Adrian Agoes, & Shanty Wulansari Rahayu Dewi. (2018). Motivasi Konsumen Dalam Menggunakan Layanan Tiketing Di Agen Perjalanan Konvensional. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 3(2), 159–171. Retrieved from https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/72