Wonderful Indonesia Dalam Restoran Nusantara
Keywords:
Branding, restoran nusantara, pencitraan pariwisataAbstract
Perkembangan kuliner di Indonesia cukup menjanjikan terutama meningkatnya jumlah usaha kuliner di Indonesia yang berkembang cukup pesat. Mulai dari usaha kecil menengah dan besar,secara keseluruhan kenaikan jumlahnya hampir 30 % pertahunnya.. Potret usaha restoran menengah ke atas yang menjadi fokus kajian ini, untuk diukur dilihat dirasakan Pesona /Wonderful Indonesia (atau karakter ke-Indonesian) yang ada. Metodologi yang digunakan masih sebatas deskripsi sesuai dengan penggambaran/ potret restoran yang ada. Di Jakarta sendiri terdapat restoran Indonesia lebih kurang 8000an sedangkan restoran asing juga jumlah tidak sedikit sekitar 1100 tersebar di berbagai tempat. Pemaknaan pesona /Wonderful Indonesia dilihat dari beberapa penyampaian masing-masing restoran Indonesia yang ada. Karakter restoran Indonesia tidak hanya mempertimbangkan makanan khas dan rasanya saja, bisa dari interior ruang makan dan segi pelayanannya, kartu menu dan menu unggulan/ andalan ; Rasa menunya yang khas ; Tampilan penyajian dan harga hidangannya di dalam memperkuat branding pesona/wonderful Indonesia. Misalnya salah satu kehadiran restoran Suntiang di Grand Indonesia di Jakarta Pusat yang memodifikasi makanan dari 2(dua) negara antara penyajiann ala Jepang dan rasa masakan minang kabau.Mengamati perkembangan kuliner tradisional Indonesia yang tengah bersaing di tengah pasar MEA Masyarakat Ekonomi Asia, hal ini merupakan tantangan yang cukup berat. Jika bisa dimanapun makanan /masakan Indonesia menjadi tuan rumah di negerinya sendiri atau disetiap kehadirannya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Farmawaty Malik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.