Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Hotel Aryaduta Lippo Village Karawaci

Authors

  • Ramon Hurdawati Politeknik Sahid
  • Dimas Widianto Politeknik Sahid

Keywords:

Experience marketing, loyalitas pelanggan

Abstract

Saat ini dalam persaingan bisnis perhotelan semakin ketat. Hotel Aryaduta Lippo Village, yang telah dibangun sejak tahun 1994 diharuskan melakukan upaya untuk menjaga pelanggan. Salah satu strategi yang bisa mereka lakukan adalah memberikan pengalaman berkesan saat menginap atau menggunakan produk Hotel Aryaduta Lippo Village. Karena itu Hotel Aryaduta Lippo
Village bisa menggunakan salah satu strategi pemasaran yang disebut experiental marketing untuk menjaga loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh experience marketing terhadap loyalitas pelanggan Aryaduta Lippo Village Hotel. Peneliti menggunakan kuesioner dengan seratus sampel responden tamu Aryaduta Lippo Village Hotel Karawaci. Kemudian hasil kuesioner dari data analisis metode kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier sederhana, uji analisis korelasi Spearman, koefisien determinasi pengujian dan pengujian hipotesis via uji t. Data yang telah memenuhi uji validitas, reliabilitas dan asumsi klasik diolah untuk menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 1.114 + 0,185X. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t, t (13.188)> t tabel (1.985) adalah hipotesis yang terbukti secara signifikan variabel bebas variabel terikat experiential marketing mempengaruhi loyalitas pelanggan. Angka Koefisien Determinasi menunjukkan bahwa 66,4% experiential marketing mempengaruhi loyalitas pelanggan sedangkan sisanya 33,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan di Hotel Aryaduta Lippo Village Karawaci, experiential marketing berpengaruh terhadap peningkatan loyalitas pelanggan di Hotel Aryaduta Lippo Karawaci.

Downloads

Published

06-06-2017

How to Cite

Ramon Hurdawati, & Dimas Widianto. (2017). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Hotel Aryaduta Lippo Village Karawaci. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 2(2), 146–154. Retrieved from https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/46