Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Kuliner Di Kelurahan Pamulang Barat
DOI:
https://doi.org/10.56743/jstp.v10i1.448Keywords:
Culinary MSMEs, Competitiveness, SWOTAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi UMKM kuliner di Pamulang Barat dalam meningkatkan daya saing UMKM.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Analisis SWOT melalui tahap matriks IFE, EFE, IE, QSPM. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengajukan kuesioner kepada 10 orang responden terkait UMKM kuliner di Pamulang Barat.
Implikasi: Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi untuk meningkatkan daya saing UMKM kuliner di Kelurahan Pamulang Barat melibatkan dua pendekatan utama, yaitu perlu dilakukan peningkatan performa bagi para pengusaha, terutama yang sudah lanjut usia, melalui pelatihan dan pendampingan yang difasilitasi oleh dinas koperasi, serta UMKM kuliner disarankan untuk memanfaatkan kekuatan tren makanan terkini dengan menghadirkan penawaran yang unik dan menarik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Selma Sharika, Ramon Hurdawaty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.