Meningkatkan Pengalaman Imersif Wisatawan Melalui Augmented Reality: Studi Kasus Di The Blanco Renaissance Museum

Authors

  • I Nyoman Cahyadi Wijaya Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Kadek Winda Yanti Universitas Pendidikan Nasional
  • Rangga Aditya Hanggadwipa Universitas Pendidikan Nasional
  • I Made Dedik Setiawan Universitas Pendidikan Nasional
  • Gloria Velove Kale Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Nyoman Putri Gayatri Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.56743/jstp.v10i1.438

Keywords:

augmented reality, pengalaman mendalam, pariwisata virtual, museum warisan budaya

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi Augmented Reality (AR) dalam mengubah pengalaman museum, dengan fokus pada kemampuannya untuk menawarkan interaksi yang imersif, mendidik, dan memperkaya budaya. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi tantangan dan peluang untuk adopsi AR.
Metode Penelitian: Dengan menggunakan metodologi kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pengunjung dan personel museum, observasi partisipan, analisis dokumen, dan diskusi kelompok terfokus dengan pemangku kepentingan utama. Analisis tematik digunakan untuk mengungkap pola terkait keterlibatan pengguna, hambatan operasional , dan implikasi AR yang lebih luas terhadap pelestarian warisan budaya dan pariwisata virtual.
Implikasi:  Temuan mengungkapkan bahwa AR meningkatkan pengalaman pengunjung dengan menawarkan model 3D interaktif, mendorong keterlibatan emosional, dan menciptakan pengenalan dinamis terhadap warisan museum. Namun, tantangan seperti terbatasnya kesadaran masyarakat, kesenjangan sumber daya teknis, dan masalah kegunaan membatasi potensinya. Studi tersebut menyimpulkan bahwa AR tidak hanya memperkaya pengalaman museum tetapi juga mendukung pertumbuhan pariwisata virtual, menjadikan warisan budaya lebih mudah diakses secara global. Rekomendasi strategis mencakup peningkatan aksesibilitas AR, perluasan pemasaran digital, dan integrasi lini produk eksklusif untuk memastikan keberlanjutan finansial dan meningkatkan kepuasan pengunjung.

Downloads

Published

28-02-2025

How to Cite

Wijaya, I. N. C., Yanti, N. K. W., Hanggadwipa, R. A., Setiawan, I. M. D., Kale, G. V., & Gayatri, N. N. P. (2025). Meningkatkan Pengalaman Imersif Wisatawan Melalui Augmented Reality: Studi Kasus Di The Blanco Renaissance Museum . Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 10(1), 35–45. https://doi.org/10.56743/jstp.v10i1.438