Analisis Penerapan Standar Oprasional Prosedur Receptionis Terhadap Pelayanan Di Sutanraja Hotel Manado

Authors

  • Sonia Ester Paparang Politeknik Negeri Manado
  • Mita Erdiaty Takaendengan Politeknik Negeri Manado
  • Telly Hetty Isje Kondoj Politeknik Negeri Manado
  • Fonny Sangari Politeknik Negeri Manado
  • Vesty Like Sambeka Politeknik Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.56743/jstp.v10i1.433

Keywords:

Standar operasional prosedur, pelayanan, Resepsionis, Sutanraja Hotel

Abstract

Tujuan: Standar oprasional prosedur adalah proses terdokumentasi yang dimiliki perusahaan untuk memastikan bahwa pelayanan yang di berikan secara konsisten setiap saat, tentu saja SOP sangat penting bagi sebuah perusahaan atau organisasi demi mempertahankan kualitas pelayanan dan dapat memudahkan dalam pekerjaan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana penerapan standart oprasional prosedur terhadap pelayanan yang sesuai di lapangan kerja dan bagaimana situasi kerja dan pelayanan di bagian receptionist di Sutanraja Hotel.
Metode Penelitian: Metode penelitian yang digunakan yaitu Kualitatif Deskriptif. Dalam metode pengumpulan data menggunakan Observasi dan Wawancara. Hasil Penelitian adalah Penerapan Standar Oprasional Prosedur sudah dilakukan dengan baik oleh staff reception meskipun belum maksimal dan tidak semua masalah dapat di selesaikan dengan menggunakan SOP namun ada kalanya menggunakan kreativitas dan keterampilan dari staff. Kesimpulan yang dapat di ambil adalah dengan adanya SOP pekerjaan akan terasa mudah, dan mampu menangani permasalahan dan komplain dengan adanya dukungan dan tindakan dari pihak manajemen seperti evaluasi dan pelatihan secara berkala kepada semua staff sehingga terciptanya konsistensi dalam pekerjaan dan menghasilkan respon baik bagi reputasi perusahaan dalam pelayanan yang berkualitas dan sesuai bagi tamu.
Implikasi: Fleksibilitas dan adaptasi staff front office dalam menanggapi situasi yang tidak terduga ataupun ada spesial request dari tamu.  Kreatifitas dan pelayanan, staff mungkin cenderung menggunakan pendekatan kreatif dalam melayani tamu dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan bagi pengalaman nginap tamu.

Downloads

Published

27-02-2025

How to Cite

Paparang, S. E., Takaendengan, M. E., Kondoj, T. H. I., Sangari, F., & Sambeka, V. L. (2025). Analisis Penerapan Standar Oprasional Prosedur Receptionis Terhadap Pelayanan Di Sutanraja Hotel Manado. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 10(1), 01–10. https://doi.org/10.56743/jstp.v10i1.433