Analisis Strategi Bisnis Usaha Kuliner Nasi
Abstract
Strategi Bisnis adalah perusahaan yang ingin tetap tumbuh dan bertahan dalam situasi persaingan dunia global yang semakin besar sepaerti saat ini. Perusahaan menggunakan strategi bisnis untuk menggaris bawahi langkah pokok yang akan direncanakan dalam upaya mencapai tujuan. Nasi ulam adalah salah satu makanan tradisional nusantara yang berasal dari daerah Betawi. Makanan ini mempunya daya tarik yang khas terhadap para penggemar kuliner, karena makanan ini dicampur dengan bumbu rempah yang dikombinasikan dengan kuah dan berbagai macam lauk. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui strategi bisnis yang harus dipersiapkan dari aspek pemasaran untuk membuka usaha kuliner nasi ulam secara sederhana dan 2) kendala apa saja yang ditemukan di lapangan dan bagaimana pemecahannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan unit analisisnya adalah usaha kuliner Nasi Ulam milik Ibu Sugewati yang berlokasi di belakang pasar Duta Mas Jakarta Utara. Adapun informan yang dijadikan narasumber dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 orang yang terdiri dari pemilik dan pelaku usaha. Sedangkan responden yang digunakan adalah sebanyak 20 orang yang terdiri dari para pembeli. Dengan menggunakan SWOT Analysis sebagai metode analisisnya, maka diperoleh kesimpulan yaitu : usaha nasi ulam sangat menjanjikan karena peminatnya dari berbagai macam pecinta kuliner tradisional yang memiliki gaya hidup di luar lingkungan yang menjadi trend namun itu semua harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai serta harga yang tetap terjangkau agar pelanggan setia tidak berpindah ke tempat makan lain dan akhirnya konsumen puas dan produsen pun senang.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 FX Setiyo Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.