Analisis Strategi Pengembangan E-Tourism Di Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Bambang Widodo Politeknik Sahid
  • Rita Widyastuti Politeknik Sahid

DOI:

https://doi.org/10.56743/jstp.v7i2.316

Keywords:

e-Tourism, Analisis SWOT, Kota Tangerang Selatan

Abstract

Pengelolaan sektor pariwisata yang baik bisa mempercepat kemajuan di bidang sosial dan ekonomi. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi dan pengelolaan yang menjawab permasalahan dan kebutuhan industri pariwisata. Di era kemajuan teknologi saat ini, segala hal dituntut terjadi dalam waktu yang cepat, sasaran yang tepat dan informasi yang akurat dengan anggapan bisa mempermudah segala kebutuhan. Kemajuan teknologi ini mempengaruhi kesiapan industri pariwisata dalam memenuhi perilaku hidup wisatawan yang terbiasa menggunakan teknologi dalam menunjang kehidupan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi pengembangan apa yang sebaiknya dilakukan Kota Tangerang Selatan dalam pemanfaatan teknologi khususnya sebuah website dan aplikasi eTourism serta dampaknya.
Metode: yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT lalu diproses dengan formulasi strategi Evaluasi Faktor Internal dan Evaluasi Faktor Eksternal. Di mana kekuatan dan kelemahan akan didapatkan dari faktor internal, peluang dan ancaman didapatkan dari faktor eksternal. 
Implikasi:Hasil dari analisis strategi pengembangan yang sesuai pada kondisi saat ini ialah strategi SO dengan kuadran I dan posisi sel IV seperti aktif memanfaatkan media sosial dan aplikasi Tangsel Cmore City, kedepannya akan ada infrastruktur digital untuk mendukung kesiapan konsep pariwisata mendatang.

Downloads

Published

28-06-2022

How to Cite

Widodo, B., & Widyastuti, R. (2022). Analisis Strategi Pengembangan E-Tourism Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 7(2), 79–88. https://doi.org/10.56743/jstp.v7i2.316