Faktor Penarik Presidensi G20 Terhadap Tingkat Reservasi Venue Penyelenggaraan Event Di Apurva Kempinski Bali

Authors

  • Marmaiyatno Politeknik Internasional Bali
  • Ganang Aditiyo Prakoso Politeknik Internasional Bali
  • Anak Agung Ratih Kesumadewi Politeknik Internasional Bali

DOI:

https://doi.org/10.56743/jstp.v8i3.273

Keywords:

Faktor penarik, Reservasi Presidensi G20, Hotel Apurva Kempinski

Abstract

Tujuan: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui Faktor Penarik Presidensi G20 terhadap tingkat reservasi venue penyelenggara event di Hotel Apurva Kempinski Bali.
Metode: Penelitian ini pendekatan kuantitatif berupa bilangan atau angka. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan 2 teknik pengambilan sampel yaitu: pengambilan sampel probabilitas dan pengambilan sampel insidental. Jumlah responden yang dibutuhkan dalam penelitian ini sebanyak 40 orang responden. Penelitian ini melibatkan 40 responden yang diambil dari kariawan hotel 10 responden dan tamu 30 responden. Pemilihan formula ini dipertimbangkan ideal karena tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit, mengingat keterbatasan penelitian ini dikarenakan keterbatasan waktu dan kesulitan dalam memperoleh data. Kuesioner disebarkan menggunakan Google From bagi responden yang pernah melakukan kegiatan di hotel The Apurva Kempinski Bali untuk mendapatkan data yang valid dan kariawan hotel The Apurva Kempinski Bali. Teknik analisis data dengan regresi sederhana dan uji T menggunakan (Statistical Package for the Social Sains) SPSS 25.
Implikasi : Berdasrkan hasil penelitian kemampuan model faktor penarik (X1) menerangkan variasi variabe tingkat resevasi  (Y) sebesar 21,5% dan sisanya diperngaruh variabel independen lainnya. Berdasarkan hasil uji t faktor penarik berdapak signifikan terhadap reservasi venue di Hotel Apurva Kempinski Bali.

Downloads

Published

28-11-2023

How to Cite

Marmaiyatno, Prakoso, G. A., & Kesumadewi, A. A. R. (2023). Faktor Penarik Presidensi G20 Terhadap Tingkat Reservasi Venue Penyelenggaraan Event Di Apurva Kempinski Bali. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 8(3), 146–155. https://doi.org/10.56743/jstp.v8i3.273