Usulan Pengembangan Desa Wisata Padarincang Berbasis Ergonomi

Authors

  • Chotibul Umam Universitas Banten Jaya

DOI:

https://doi.org/10.56743/jstp.v8i2.272

Keywords:

Padarincang, Ergonomi, Desa Wisata

Abstract

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah memberikan usulan dalam pengembangan desa wisata Padarincang berbasis ergonomi, hal ini guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para wisatawan dan pengelola wisata.
Metode: Penelitian ini pendekatan ergonomi berdasarkan ENASE (efektif, nyaman, aman, sehat dan efisien). Adapun sebelumnya dilakukan studi lapangan, identifikasi dan perumusan masalah, studi pustaka dan riset lapangan melalui observasi, kuesioner serta wawancara aparat pemerintah Desa Padarincang, ketua dan anggota Pokdarwis Macan Ketawa serta masyarakat umum yang berada di lokasi wisata.
Implikasi: Hasil dari penelitian ini mendapatkan gambaran Desa wisata Padarincang dalam usalan pengembangan desa wisata memperhatikan sisi ergonomi guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan dan pengelola wisata yaitu efektif, nyaman, efisien, aman dan sehat.

Downloads

Published

30-06-2023

How to Cite

Umam, C. (2023). Usulan Pengembangan Desa Wisata Padarincang Berbasis Ergonomi . Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 8(2), 91–100. https://doi.org/10.56743/jstp.v8i2.272