Strategi Pengembangan Lor Sambi Sebagai Wisata Outbound Di Yogyakarta

Authors

  • Kris Cahyani Ermawati Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Emmelia Nadira Satiti Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56743/jstp.v8i2.271

Keywords:

Strategi, Pengembangan Pariwisata, Wisata outbond

Abstract

Tujuan: Wisata outbond Lor Sambi merupakan salah satu kawasan yang menarik yang berada di Kaliurang Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang tepat yang dapat diaplikasikan untuk pengembangan wisata outbound di Lor Sambi.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pedekatan deskriptif kualitatif, Adapun data diperoleh melalui observasi ke lapangan, wawancara mendalam kepada narasumber, dokumentasi dan studi pustaka. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan SWOT analisis untuk mengetahui strategi yang tepat yang dapat diaplikasikan di Kawasan wisata outbond Lor Sambi.
Implikasi: Kelebihan yang dimiliki oleh desa Lor Sambi berupa keanekaragaman aktivitas, lokasi yang mudah dijangkau, pemandangan alam yang indah, serta keterlibatan masyarakat lokal, selain itu terdapat pula tantangan yang dimiliki oleh desa Lor Sambi yaitu  dampak negatif terhadap lingkungan serta persaingan dengan destinasi serupa yang berada disekitarnya. Langkah yang kedua adalah perlu adanya penambahan variasi aktivitas yang menarik sehingga dapat meningkatkan daya tarik wisatawan. Langkah ketiga adalah peningkatan kualitas pelayanan serta memberikan pelatihan untuk staff dan pemandu wisata, hal ini bertujuan untuk memberikan  pengalaman yang memuaskan bagi pengunjung. Keempat, demi menjaga keberlanjutan lingkungan diperlukan keterlibatan dari komunitas lokal. Dengan adanya pengaplikasian dari strategi pengembangan yang komprehensif dan berkelanjutan, membuat desa wisata outbond Lor Sambi mempunyai potensi untuk menjadi tempat tujuan wisatawan yang sukses di Kawasan Kaliurang Yogyakarta. Keterlibatan masyarakat, pengelolaan lingkungan,  peningkatan pelayanan, menambahkan aktivitas yang menarik serta meningkatkan pemasaran menjadi langkah penting dalam mencapai tujuan tersebut.

Downloads

Published

30-06-2023

How to Cite

Ermawati, K. C., & Satiti, E. N. (2023). Strategi Pengembangan Lor Sambi Sebagai Wisata Outbound Di Yogyakarta. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 8(2), 135–144. https://doi.org/10.56743/jstp.v8i2.271