Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing Dan Demonstration (RPD) Untuk Meningkatkan Kompetensi Layanan Front Office Siswa Kelas Xi Di SMK Pariwisata Kabupaten Bogor

Authors

  • Ria Aryani Politeknik Sahid

Keywords:

Front office Hotel, Role Playing and Demonstrasi

Abstract

Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggabungkan Model Bermain Peran Dan Demonstrasi. Uji coba terbatas dilakukan di SMK Taruna Terpadu 2 dengan total 35 siswa dan uji coba luas dilakukan di SMKN I Bojong Gede dengan 35 siswa dan SMK Darmawan dengan 35 siswa. Metode yang digunakan adalah metode survei dan teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Dalam uji coba terbatas di SMK Darmawan aspek kognitif siswa setelah tindakan mencapai 82% di atas KKM 75. Dan pada aspek afektif mencapai 83%. Sedangkan pada aspek Psikomotorik mencapai 85,71%. Demikian juga pada tes Wilayah Di SMK Taruna Terpadu 2, setelah tindakan nilai kognitif siswa mencapai 85,71% dengan KKM 78. Pada aspek afektif mencapai 86%. Sedangkan pada aspek Psikomotorik mencapai 88,57%. Uji Luas berikutnya di SMKN I Bojong Gede, tingkat penguasaan aspek kognitif siswa setelah tindakan mencapai 91, 43% dengan KKM 78. Pada aspek Afektif mencapai 89%. Sedangkan aspek psikomotor mencapai 94,28%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model RPD (Role Playing and Demonstration) di bidang studi Front office berhasil meningkatkan kompetensi layanan hasil belajar siswa. Dengan temuan penelitian lapangan, analisis data, dan refleksi pada uji coba terbatas atau ekstensif, penelitian penelitian dan pengembangan ini menghasilkan model pembelajaran yang baru direkomendasikan yaitu model RPD (Bermain Peran dan Peragaan.

Downloads

Published

10-10-2019

How to Cite

Ria Aryani. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing Dan Demonstration (RPD) Untuk Meningkatkan Kompetensi Layanan Front Office Siswa Kelas Xi Di SMK Pariwisata Kabupaten Bogor. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 4(3), 54–67. Retrieved from https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/129