Strategi Pemasaran Dalam Rangka Meningkatkan Volume Penjualan Di Restoran Bali QUI Jakarta (Marketing Strategies In Order To Increase Revenue In Bali QUI Restaurant Jakarta)

Authors

  • Sarim Hotel Management Department Bina Nusantara University

Keywords:

strategi pemasaran, analisis SWOT, matrik BCG, restoran

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisa Strategi Pemasaran Dalam Rangka Meningkatkan Volume Penjualan di Restoran Bali Qui Jakarta. Perinasalahan yang diteliti adalab bagaimana strategi yang dilakukan di Restoran Bali Qui Jakarta, bagaimana produk Restoran Bali Qui Jakarta dan bagaimana tingkat penjualan di Restoran Bali Qui Jakarta. Adapun penelitian mi bertujuan mengetahui lebih jelas bagaimana pelaksanaan pemasaran pada Restoran Bali Qui Jakarta dan rnengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap volume penjualan makanan di Restoran Bali Qui Jakarta. Penelitian mi menggunakan Matrik Boston Consulting Group (BCG) yang digunakan untuk mengetahui posisi Restoran Bali Qui Jakarta dan pertumbuhan dan pangsa pasar. Sedangkan TEAS dan EFAS digunakan untuk mengukur besarnya pengarub faktor internal dan eksternal yang dimiliki perusahaan. Disimpulkan bahwa secara keseluruhan Restoran Bali Qui Jakarta saat liii merupakan perusahaan yang cukup sukses dalam bisnis resto. Hal jul ditunjukkan dengan semakin besarnya market share yang dimiliki serta peningkatan penjualan secara terus menerus sepanjang tahun. Hal mi dapat dibuktikan dan posisinya sebagai star pada BCG Matrix dengan tingjcat pertumbuhan sebesar 24,4% dan pangsa pasar relatifsebesar 1,5. Dan analisis SWOT (Strenghts Weaknesses, Opportunity Threats) menunjukkan strategi SO yaitu rnemberikan potongan harga kepada pelanggan tetap untuk jumlah pembelian di atas lima ratus ribu rupiali, membenikan bonus kepada pelanggan apabila membeli 3 porsi menu utama akan mcndapatkari 1 porsi makanan penutup, menawarkan kartu anggota kepada pelanggari untuk mendapatkan prioritas pemesanan tempat dan diskon serta menyediakan menu favorit dan jumlah porsi sesuai kebutuhan pelanggan.

Downloads

Published

28-02-2019

How to Cite

Sarim. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Rangka Meningkatkan Volume Penjualan Di Restoran Bali QUI Jakarta (Marketing Strategies In Order To Increase Revenue In Bali QUI Restaurant Jakarta). Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 4(1), 144–159. Retrieved from https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/109