https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/issue/feed Jurnal Sains Terapan Pariwisata 2024-10-31T02:19:58+00:00 Baskoro Harwindito ditobaskoro@polteksahid.ac.id Open Journal Systems <p class="custom-cursor-default-hover">Jurnal Sains Terapan Pariwisata is the most comprehensive national journal for all those concerned with the inovation and development of tourism aspect, such as tourism destination, hospitality and gastronomy. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the research based on a variety of methods, including qualitative, quantitative and mix-method approaches.</p> <p class="custom-cursor-default-hover">Since the tourism studies is composed of many disciplines (multidisciplinary, interdisciplinary and transdiciplinary) and become one of the world's largest and fastest growing international sectors, therefore the scope of the journal is national, international and encompasses research into tourism aspects as well as the development of new research approaches. It continues to include high quality research papers in any area of tourism, including reviews of literature in the field and empirical papers on tourism issues.</p> https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/405 Pengaruh Desain Interior Terhadap Minat Kunjung Konsumen Di Restoran Hey Beach Pluit 2024-10-28T04:23:06+00:00 Cavine cavine37@gmail.com Dewi Ayu Kusumaningrum dewiayu@polteksahid.ac.id <p class="custom-cursor-default-hover"><strong>Tujuan:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh desain interior terhadap minat berkunjung ke restoran tropis di Jakarta Utara yaitu Hey Beach Pluit.<br /><strong>Metode: </strong>Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data kuesioner terhadap 100 pengunjung restoran Hey Beach Pluit, analisis teknik regresi linier sederhana<strong class="custom-cursor-default-hover">.<br /></strong><strong class="custom-cursor-default-hover">Implikasi: </strong>Variabel X (desain interior) memiliki rata-rata jawaban dengan nilai 4 yang berarti para responden setuju desain interior Hey Beach Pluit secara keseluruhan baik. Variabel Y (Minat Kunjung) memiliki rata-rata jawaban dengan nilai mendekati 4 yang berarti para responden cukup setuju minat kunjung konsumen ke Hey Beach Pluit baik terkait desain interior yang baik pula. Variabel Desain Interior (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Minat kunjung (Y) ke Hey Beach Pluit.. Disarankan agar Hey Beach Pluit selalu meningkatkan desain interior yang menarik dan dapat selalu memantau tren usaha kuliner yang berkembang saat ini.</p> 2024-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Cavine, Dewi Ayu Kusumaningrum https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/398 Pengetahuan Higiene Sanitasi Makanan dengan Keamanan Pangan pada Penjamah Makanan di Desa Wisata Provinsi Jawa Barat 2024-10-23T08:57:50+00:00 Aqiilah Nur Aqiilah Resakh Alya Kudus alyakudus01@gmail.com Mulyati Mulyati alyakudus01@gmail.com Jaka Marsita alyakudus01@gmail.com <p class="custom-cursor-default-hover"><strong>Tujuan: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan higiene sanitasi makanan serta implikasinya terhadap keamanan pangan pada penjamah makanan di desa wisata Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.<br /><strong class="custom-cursor-default-hover">Metode: </strong>Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif korelasional.<br /><strong class="custom-cursor-default-hover">Implikasi: </strong>Penelitian ini melibatkan 100 responden yang bekerja sebagai penjamah makanan di desa wisata provinsi Jawa Barat. Penelitian diadakan dari bulan Mei 2023 – November 2023. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan kuesioner. Instrumen yang digunakan bertujuan untuk mengukur pengetahuan higiene sanitasi makanan, butir pertanyaan pada instrumen berjumlah 30 butir. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan <em>purposive sampling </em>dengan beberapa kriteria yang sudah ditetapkan. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini, diperoleh nilai koefisien sebesar 0,248 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang rendah antara pengetahuan higiene sanitasi makanan terhadap keamanan pangan.</p> 2024-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Aqiilah Nur Aqiilah Resakh Alya Kudus, Mulyati Mulyati, Jaka Marsita https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/429 Analysis Of Waiter Performance In Improving Service Quality At Azure Bar Hotel Conrad Bali 2024-10-07T07:43:04+00:00 Jonathan Rondonuwu takaendenganmita@gmail.com Mita Erdiaty Takaendengan takaendenganmita@gmail.com Yurike Sintia Lewan takaendenganmita@gmail.com <p class="custom-cursor-default-hover"><strong>Purpose:</strong> To improve the performance of waiters, this research is based on frequent errors in serving food and drinks, which cause delays in service. This error occurs because the waiter does not always repeat the order or ask about the guest's allergies, and is not precise in serving drinks. In addition, checking guest satisfaction based on order of arrival is also a problem. Waiters should be more proactive in meeting guests' needs.<br /><strong class="custom-cursor-default-hover">Methods:</strong> The research method used is descriptive qualitative with data collection through observation, interviews and literature study.<br /><strong>Implikasi:</strong> The research showed that the waiters' performance was good but not optimal, with 56.25% of the 16 observation points carried out well, while 43.75% were still rarely carried out. From the interviews, it was concluded that the waiters at Azure Bar were friendly, responsive and professional, and played an important role in creating a satisfying experience for customers and maintaining the reputation of the place. In conclusion, the waiter's performance is quite good but can still be improved to ensure guest satisfaction and comfort.</p> 2024-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jonathan Rondonuwu, Mita Erdiaty Takaendengan, Yurike Sintia Lewan https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/434 Peran Kesenian Samrah Betawi Dalam Pendidikan Dan Pengembangan Karakter 2024-10-22T09:12:16+00:00 Hasan Shahab hasanshahab@polteksahid.ac.id M. Zacky Faluti zackyfa6@gmail.com Lioe Lyly Soemarni lylysoemarni@polteksahid.ac.id <p class="custom-cursor-default-hover"><strong class="custom-cursor-default-hover">Tujuan:</strong> Penelitian ini meneliti bagaimana kesenian Samrah Betawi dapat berperan dalam pendidikan dan pengembangan karakter holistik, dengan menekankan potensinya dalam peningkatan motivasi pembelajaran, memperkuat identitas budaya, kecerdasan emosional, dan keterampilan sosial.<br /><strong class="custom-cursor-default-hover">Metode</strong>: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur untuk menganalisis bagaimana unsur-unsur kesenian Samrah Betawi dalam pendidikan dan pengembangan karakter seperti instumen musik, lagu dan tarian.<br /><strong>Implikasi:</strong> Penelitian ini menunjukan bahwa musik, lagu dan tari dalam kesenian samrah Betawi dapat merangsang kemampuan berpikir kritis, multitasking, dan karakter disiplin. Selain itu, Samrah Betawi, sebagai warisan budaya lokal, memiliki potensi besar untuk dilibatkan dalam pendidikan karakter berbasis budaya.</p> 2024-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Hasan Shahab, M. Zacky Faluti, Lioe Lyly Soemarni https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/435 Analisis Dampak Pembangunan Infrastruktur Dan Peningkatan Pelayanan Di Dermaga Kali Adem Muara Angke Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Berwisata Ke Kepulauan Seribu 2024-10-28T03:38:44+00:00 Yulianti yulianti@polteksahid.ac.id Anik Yuniati anikyuniarti@polteksahid.ac.id Nuryadina Augus Rini yulianti@polteksahid.ac.id Yunita Amellia Rafli 2020240006@polteksahid.ac.id <p class="custom-cursor-default-hover"><strong>Tujuan:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan Wisatawan yang menggunakan Dermaga Kali Adem sebagai titik pemberangkatan menuju Kepulauan Seribu, dengan fokus pada elemen fasilitas dan pelayanan yang tersedia di dermaga tersebut.<br /><strong>Metode:</strong> yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada, serta pengolahan data guna menentukan strategi yang tepat dalam meningkatkan daya saing. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung dengan petugas dermaga, observasi langsung di lapangan, serta penyebaran Elektronik Form (E-Form) kepada Wisatawan.<br /><strong class="custom-cursor-default-hover">Implikasi:</strong> ini diharapkan memberikan gambaran mengenai bagaimana perbaikan Infrastruktur dan peningkatan pelayanan di dermaga Kali Adem berdampak pada peningkatan jumlah pengunjung yang ingin memiliki pengalaman berlibur ke Kepulauan Seribu. Berdasarkan hasil analisis, perbaikan fasilitas dan pelayanan di dermaga ini terbukti memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan kepuasan pengunjung, sehingga memberikan peluang strategis untuk mempertahankan daya saing Dermaga Kali Adem dalam menghadapi gempuran pemasaran wisata dari kompetitor lain, baik di darat maupun di tempat wisata lainnya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi Pengelola Dermaga dan pemangku kepentingan pariwisata dalam mengembangkan strategi yang lebih baik dan kuat untuk meningkatkan kualitas layanan dan Infrastruktur.</p> 2024-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Yulianti, Anik Yuniati, Nuryadina Augus Rini, Yunita Amellia Rafli https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/430 Optimizing Employee Communication Skills To Enhance Service Quality In The Front Office Department Of Radisson Blu Hotel Bali Uluwatu 2024-10-11T02:52:54+00:00 Ferensia Resita Tagah takaendenganmita@gmail.com Mita Erdiaty Takaendengan takaendenganmita@gmail.com Agustinus Lumettu takaendenganmita@gmail.com <p class="custom-cursor-default-hover">In the current era of globalization, business competition in the tourism industry is becoming increasingly fierce. One of the critical factors in attracting consumer interest is the quality of service. Communication skills are the ability to convey information clearly and effectively to others. In the context of service, good communication skills help employees understand the needs and desires of consumers, thus providing service that meets expectations.<br /><strong class="custom-cursor-default-hover">Purpose:</strong> of this study that is optimize the communication skills of employees in the Front Office Department at Radisson Blu Bali Uluwatu Hotel to improve service quality.<br /><strong>Methods:</strong> of This study employs a descriptive qualitative method to determine the research results.<br /><strong class="custom-cursor-default-hover">Implications:</strong> Interviews with three receptionists, each answering five identical questions, revealed that communication skills need to be continuously enhanced to improve the quality of service at the hotel.Observations of 4 employees showed poor results in several aspects, such as politeness in speech, tone of voice, and English proficiency, indicating that communication skills in the Front Office Department of Radisson Blu Bali Uluwatu Hotel still need significant improvement. Good communication skills are essential for Front Office employees, as they represent the first point of interaction between guests and the hotel. Optimal communication quality can enhance a guest's first impression, influence their level of satisfaction, and strengthen customer loyalty. High-quality service in a hotel depends on how well employees can effectively respond to guest needs. Good communication ensures that messages are conveyed clearly and promptly, minimizing misunderstandings and improving service efficiency.</p> 2024-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ferensia Resita Tagah, Mita Erdiaty Takaendengan, Agustinus Lumettu https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/182 Rancangan Panduan Penyusunan Menu Bagi Karyawan Di Favehotel Olo Padang 2024-10-31T02:19:58+00:00 Puja Riasiimawati pujariasiimawati@gmail.com Kasmita Kasmita pujariasiimawati@gmail.com <p class="custom-cursor-default-hover"><strong>Tujuan:</strong> Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan panduan dalam menyiapkan makanan karyawan Favehotel Olo Padang<br /><strong>Metode:</strong> Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik mengumpulkan data yang dipakai pada penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik triangulasi sebagai analisis data.<br /><strong>Implikasi:</strong> Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka disimpulkan hasil penelitian kecukupan makanan karyawan harus mengkonsumsi karbohidrat, protein hewani, serat, dan lemak dengan komposisi 40 % - 50 % untuk makan siang, 20 % - 30 % untuk makan malam dari kecukupan gizi individu. Disarankan kepada pihak Favehotel Olo Padang untuk menyusun menu dengan siklus sepuluh hari.</p> 2024-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Puja Riasiimawati, Kasmita Kasmita