Kemasan dan Pemasaran Produk Serba Nanas pada UMKM Alam Sari Kabupaten Subang Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.56743/josse.v2i1.437Keywords:
UMKM, Serba Nanas, Produk, PemasaranAbstract
Salah satu tantangan pada pelaku UMKM adalah bagaimana memproduksi produk, mendapatkan keunikan, mengemas dalam kemasan dan memasarkan produk yang dihasilkan. Setiap UMKM merupakan fondasi perekonomian Indonesia karena mampu menggerakkan sektor ekonomi. UMKM berperan signifikan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, menciptakan lapangan kerja, dan memperbanyak jumlah usaha. Serba Nanas Alam Sari merupakan salah satu UMKM di Subang dan mempunyai produk berbahan dasar nanas. Meskipun UMKM ini telah mampu bertahan sejak tahun 1997 hingga sekarang namun perlu peningkatan pengetahuan tentang pengenalkan produk yang dihasilkan untuk memperluas pasar. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam bentuk FGD. Diskusi dilakukan dengan para pelaku UMKM yaitu dengan pendiri Serba Nanas Alam Sari dan semua pelaku yang terlibat dalam UMKM tersebut Diskusi yang dilakukan merupakan sharing informasi terkait pengetahuan akademis dan keadaan di lapangan yang memberi masukan-masukan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak, tentang produk dan lingkup pemasaran, terkhusus para pelaku UMKM.