Jurnal Sains Terapan Pariwisata https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp <p class="custom-cursor-default-hover">Jurnal Sains Terapan Pariwisata is the most comprehensive national journal for all those concerned with the inovation and development of tourism aspect, such as tourism destination, hospitality and gastronomy. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the research based on a variety of methods, including qualitative, quantitative and mix-method approaches.</p> <p class="custom-cursor-default-hover">Since the tourism studies is composed of many disciplines (multidisciplinary, interdisciplinary and trandiciplinary) and become one of the world's largest and fastest growing international sectors, therefore the scope of the journal is national, international and encompasses research into tourism aspects as well as the development of new research approaches. It continues to include high quality research papers in any area of tourism, including reviews of literature in the field and empirical papers on tourism issues.</p> en-US ditobaskoro@polteksahid.ac.id (Baskoro Harwindito) ditobaskoro@polteksahid.ac.id (Baskoro Harwindito) Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Studi Kelayakan Bisnis Jamu Tradisional Djamuti Di Depok https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/309 <p class="custom-cursor-default-hover"><strong>Tujuan: </strong>Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan usaha Djamuti, untuk mengetahui perkembangan bisnis ini ditinjau dari berbagai aspek keuangan dan non keuangan.<br /><strong class="custom-cursor-default-hover">Metode: </strong>Penilitian ini mengunakan metode kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan berdasarkan pada data dan informasi yang dilakukan selama waktu tertentu sevara mendalam dan teliti. alam penilitian untuk mengetahui alternatif strategi yang tepat mengunakan kajian analisis Matriks EFAS, Matriks IFAS dan Matriks SWOT. Fokus analisis kelayakan adalah aspek finansial meliputi BEP, NPV, IRR, NET B/C dan PP.<br /><strong>Implikasi:</strong> Hasil analisis menunjukkan “Djamuti” layak dalam aspek yudiris, teknikal, pasar dan lingkungan. Pada aspek finansial menunjukkan nilai positif dengan nilai NPV: Rp 165.561.397,00, IRR: 40,6%, NET B/C 1,25 dan PP 255 Hari untuk bisa menutup kebutuhan modal awal. Langkah untuk menaikkan penjualan setelah terjadi kenaikan bahan baku dengan melakukan penjualan yang lebih banyak baik online dan offline, mempromosikan produk dengan penawaran yang menarik misalnya paket bundling atau hampers, dan membuat iklan interaktif melalui Facebook dan Instagraam Ads dengan target pasar yang telah ditentukkan oleh Djamuti yaitu remaja putri, ibu rumah tangga dan ibu lanjut usia. Harapan untuk kedepannya Djamuti berharap bisa mengolah produk jamu dalam bentuk bubuk yang bisa distribusikan ke seluruh Indonesia.</p> Budi Bagaskoro, Rio Luthfiandana, Baskoro Harwindito, Yanti Suzana, Karmila Istiqomah Copyright (c) 2024 Budi Bagaskoro, Rio Luthfiandana, Baskoro Harwindito, Yanti Suzana, Karmila Istiqomah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/309 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan Buku Saku Digital Marketing Sebagai Media Edukasi Untuk Pemilik Homestay Desa Cisaat, Subang, Jawa Barat https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/347 <p class="custom-cursor-default-hover"><strong>Tujuan:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku saku <em>digital marketing</em> <em>homestay</em> sebagai media edukasi kepada pemilik <em>homestay</em> di Desa Wisata Cisaat.<br /><strong>Metode:</strong> Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Research and</em> <em>Development</em> (R&amp;D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (<em>Analyze</em>, <em class="custom-cursor-default-hover">Design</em>, <em>Development</em>, <em class="custom-cursor-default-hover">Implementation</em>, and <em>Evaluation</em>), akan tetapi dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap <em>Development</em>.<br /><strong class="custom-cursor-default-hover" style="font-size: 0.875rem;">Implikasi:</strong><span style="font-size: 0.875rem;"> Adapun hasil penilaian buku saku </span><em class="custom-cursor-default-hover" style="font-size: 0.875rem;">Digital marketing</em> <em style="font-size: 0.875rem;">Homestay</em><span class="custom-cursor-default-hover" style="font-size: 0.875rem;"> yang diperoleh dari hasil validasi oleh ahli materi sebesar 4,8 dan oleh ahli media sebesar 4,27 dengan kesimpulan sangat layak untuk diuji cobakan. Sedangkan pada hasil pada uji coba perorangan diperoleh rata-rata skor 4,4 yang termasuk dalam kategori sangat layak dan pada hasil uji coba kelompok kecil memperoleh hasil sebesar 4,1 yang termasuk dalam kategori layak. Hal ini menunjukkan bahwa buku saku </span><em style="font-size: 0.875rem;">Digital marketing</em> <em style="font-size: 0.875rem;">Homestay</em><span style="font-size: 0.875rem;"> ini layak digunakan oleh pemilik </span><em style="font-size: 0.875rem;">homestay</em><span style="font-size: 0.875rem;"> sebagai media edukasi </span><em style="font-size: 0.875rem;">digital marketing</em><span style="font-size: 0.875rem;"> untuk sarana pemasaran </span><em class="custom-cursor-default-hover" style="font-size: 0.875rem;">homestay</em><span style="font-size: 0.875rem;">. Dengan adanya pengembangan buku saku </span><em style="font-size: 0.875rem;">Digital Marketing</em> <em style="font-size: 0.875rem;">Homestay</em><span style="font-size: 0.875rem;"> dapat menjadi pedoman pemilik </span><em style="font-size: 0.875rem;">homestay</em><span style="font-size: 0.875rem;"> dalam memasarkan </span><em class="custom-cursor-default-hover" style="font-size: 0.875rem;">homestay</em><span style="font-size: 0.875rem;"> secara </span><em style="font-size: 0.875rem;">digital marketing</em><span style="font-size: 0.875rem;"> dengan memanfaatkan media sosial agar dapat lebih dikenal oleh calon wisatawan.</span></p> Elvira Damayanti, Muhammad Faesal, Mulyati Mulyati Copyright (c) 2024 Elvira Damayanti, Muhammad Faesal, Mulyati Mulyati https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/347 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Popularitas Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Korean Food Di Jakarta https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/357 <p class="custom-cursor-default-hover"><strong>Tujuan :</strong> penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah trend atau popularitas Korean Wave&nbsp; berpengaruh terhadap keputusan pembelian Korean Food di Kota Jakarta.<br><strong>Metode :</strong> Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder dengan pengumpulan data menggunakan cara observasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini merupakan konsumen di Annyeong Korean Food Café Tebet yang berjumlah 83 orang.<br><strong>Implikasi : </strong>Dari hasil penelitian dapat dikemukakan implikasi teoritis yang disimpulkan bahwa ada pengaruh yang kuat antara Korean wave dengan keputusan pembelian Korean Food.</p> Farah Hersa Novani Putri, Baskoro Harwindito, Marya Yenny, Abi Saptadinata, M Zacky Faluti Copyright (c) 2024 Farah Hersa Novani Putri, Baskoro Harwindito, Marya Yenny, Abi Saptadinata, M Zacky Faluti https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/357 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0000 Peran Chef Ekspatriat Dalam Menjaga Food Cost Dan Kualitas Makanan Di Il Ristorante Bulgari Resort Bali https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/349 <p class="custom-cursor-default-hover"><strong>Tujuan: </strong>Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan <em>chef</em> ekspatriat dalam menjaga <em>food cost</em> dan kualitas makanan.<br /><strong class="custom-cursor-default-hover">Metode:</strong> Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka.<br /><strong class="custom-cursor-default-hover">Implikasi:</strong> <em>Chef</em> ekspatriat memiliki kelebihan seperti standar kerja yang tinggi dan etos kerja yang baik. 8 Upaya yang dilakukan <em>chef</em> ekspatriat dalam menjaga <em>food cost</em> yaitu: 1) kombinasi antara <em>ingredients</em>, 2) teknik penyimpanan yang benar, 3) menghapus menu <em>ala carte, 4) food recycling</em>, 5) penggunaan bahan makanan dan takaran baku yang konsisten, 6) penggunaan <em>transfer form</em>, 7) pembelian bahan makanan yang tidak berlebihan, dan 8) <em>ala minute preparation</em>. 3 Upaya yang dilakukan oleh <em>chef</em> ekspatriat dalam menjaga kualitas makanan yakni mengganti <em>kitchen equipment</em> yang bermasalah, memasang <em>heater </em>untuk memanaskan piring, dan melakukan program <em>training</em> yang tepat kepada <em>staff kitchen</em>.</p> Jeremy Antonius, Moch Nur Efendi Copyright (c) 2024 Jeremy Antonius, Moch Nur Efendi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/349 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0000 Alternative Strategy to Increase Room Sales at Pramana Watu Kurung https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/362 <p class="custom-cursor-default-hover"><strong>Purpose: </strong>The Pramana Watu Kurung is a local chain hotel under Pramana Hotels &amp; Resorts. The promotional strategy online as well as offline to increase room sales. Data shows to see the revenue growth from 2018 to 2019 however, it is fall in 2020 due to the pandemic Covid-19, there was massive cancellation and drop the revenue due to Bali was start to lock down in March 2020. This study is aim to know the strategy applied to increase Room Sales at Pramana Watu Kurung in facing competition and developing business growth and to find alternative strategy to increase room sales at Pramana Watu Kurung.<br /><strong class="custom-cursor-default-hover">Methods</strong>: This study is quantitative and qualitative with the questionnaire on the likert scale. Its method uses SWOT analysis on IFAS and EFAS.<br /><strong>Implication</strong>: Second strategies to maximize the strengths in order to eliminate threats which is apply dynamic pricing tobe competitive against the competition and focus on the current target market. Second strategy is to maximize the opportunities to eliminate the weaknesses by an attractive promotion including packages, email marketing and seasonal campaign to push room sales. </p> Kadek Budiasa, Ni Made Ernawati, Ni Nyoman Triyuni Copyright (c) 2024 Kadek Budiasa, Ni Made Ernawati, Ni Nyoman Triyuni https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/362 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0000 Analisis SWOT Dalam Strategi Sales Call Pada Sales Dan Marketing Department Di Hotel All Seasons Jakarta Thamrin https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/356 <p class="custom-cursor-default-hover"><strong>Tujuan: </strong>Dalam penelitian ini, diulas mengenai strategi <em>sales call</em> terhadap tingkat hunian kamar di Hotel All Seasons Jakarta Thamrin, yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman strategi <em>sales call</em>. Strategi dari <em>sales call</em> ini memiliki kekuatan, kelemahan dari dalam, serta peluang dan ancaman dari luar yang disajikan hasilnya dalam Teknik pengolahan data SWOT yang terdiri atas Matrik IFAS dan EFAS. Berdasarkan analisis diketahui posisi All Seasons Jakarta Thamrin saat ini berada pada kuadran I yaitu posisi strategi Growth atau pertumbuhan agresif dengan skor IFAS 1.09 dan skor EFAS 0.59.<br /><strong>Metode: </strong>Metode pada penelitian ini dilakukan secara kualitatif deskriptif, penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 4 orang yang diambil secara sengaja. Produk yang dijual adalah kamar, <em>meeting package</em>, dan <em>banquet product</em>. Skill yang dikuasai adalah <em class="custom-cursor-default-hover">Communication skill, Public Speaking, Analytical Skill </em>dan<em> Negotiate Skill</em> untuk menciptakan <em>win-win solution</em> antara tamu dengan hotel.<br /><strong>Implikasi: </strong>Harga yang dinegosiasikan selama kegiatan <em>sales call</em> bisa menjadi peluang atau ancaman. Harga permintaan bisa diatas <em>contract rate</em>, namun bisa juga menjadi ancaman karena permintaan harga yang terlalu rendah, serta perlu meningkatkan promosi serta iklan dan mengambangkan social media sebagai sarana promosi untuk menjamin kenyamanan, keuntungan dan fleksibilitas memesan kamar hotel secara langsung kepada salesman.</p> Diyan Maulidasari, Asmawih, Rina Kurniawati, Rd Rita Ritasari, Aji Mahaditia Copyright (c) 2024 Diyan Maulidasari, Asmawih, Rina Kurniawati, Rd Rita Ritasari, Aji Mahaditia https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/356 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0000 Managing Economic Sustainability as a Part of Sustainable Tourism at Amarta Retreat & Recreation https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/360 <p class="custom-cursor-default-hover"><strong>Purpose</strong>: The number of domestic and foreign tourists visiting Bali decreased significantly during COVID-19. Amarta Retreat &amp; Recreation in Tabanan, Bali, tends to reduce the number of tourists and the occupancy rate of bamboo villas in 2020 and 2021. Business management needs to be analyzed according to sustainable tourism indicators, primarily economic aspects, because of the impact of the pandemic. This research aims to determine how to manage economic sustainability and develop a management model to improve financial sustainability according to sustainable tourism indicators.<br /><strong>Methods</strong>: This study uses a qualitative approach, with data collection techniques of interviews, observations, document studies, and focus group discussions (FGD). It is based on interactive model data analysis activities with the NVivo 12 Plus tool.<br /><strong class="custom-cursor-default-hover">Implication</strong>: There are several aspects of the indicators that must be improved, namely the development of a system for managing comments and feedback from tourists, developing travel routes within the resort by developing tour package products, improving website performance as a marketing tool, optimizing strategies for the rebranding process, and considering brand protection as intellectual property.</p> I Gede Rai Palguna, I Gede Mudana, Ni Gst Nym Suci Murni Copyright (c) 2024 I Gede Rai Palguna, I Gede Mudana, Ni Gst Nym Suci Murni https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/360 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0000