https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/issue/feedJurnal Sains Terapan Pariwisata2025-06-30T00:00:00+00:00Baskoro Harwindito[email protected]Open Journal Systems<p class="custom-cursor-default-hover">Jurnal Sains Terapan Pariwisata is the most comprehensive national journal for all those concerned with the inovation and development of tourism aspect, such as tourism destination, hospitality and gastronomy. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the research based on a variety of methods, including qualitative, quantitative and mix-method approaches.</p> <p class="custom-cursor-default-hover">Since the tourism studies is composed of many disciplines (multidisciplinary, interdisciplinary and transdiciplinary) and become one of the world's largest and fastest growing international sectors, therefore the scope of the journal is national, international and encompasses research into tourism aspects as well as the development of new research approaches. It continues to include high quality research papers in any area of tourism, including reviews of literature in the field and empirical papers on tourism issues.</p>https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/432PENGARUH HARGA TERHADAP MINAT BELI CALON MAHASISWA BARU POLITEKNIK SAHID2024-10-11T03:21:49+00:00Hady Chandra Kurniawan[email protected]Baskoro Harwindito[email protected]Novi Handayani[email protected]Reza Imani Syawal[email protected]Deri Abdul Ramdani[email protected]<p><strong>Tujuan</strong>: Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga terhadap minat beli calon mahasiswa baru Politeknik Sahid.</p> <p><strong>Metodologi</strong>: Penelitian ini dilakukan pada kampus Politeknik Sahid. Adapun pengolahan data diperoleh dari pengumpulan data kuesioner yang dibagikan kepada 82 responden adapun teknik analisis yang digunakan yakni analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas dan analisis kuantitatif. </p> <p><strong>Implikasi</strong>: Dari hasil uji korelasi menunjukan terdapat hubungan antara pengaruh harga dengan minat beli calon mahasiswa baru. Hasil dari uji validitas, pengaruh harga terhadap minat beli calon mahasiswa baru adalah valid karena nilai r hitung dengan nilai r tabel lebih besar. Hasil dari uji reliabilitas, pengaruh harga terhadap minat beli calon mahasiswa baru adalah konsisten, karena nilai dari variabel X 0,861 lebih besar dari 0,6 (0,861 > 0,6) sedangkan nilai dari variabel Y 0,944 lebih besar dari 0,6 (0,944 > 0,6). Hasil dari uji korelasi pearson, pengaruh harga terhadap minat beli calon mahasiswa baru adalah berhubungan. Hasil dari uji statistic deskriptif, dari variabel X adalah pernyataan nomor 4 mendapatkan nilai mean tertinggi. Sedangkan hasil dari uji statistic deskriptif, dari variabel Y adalah pernyataan nomor 10 mendapatkan nilai mean tertinggi.</p>2025-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Hady Chandra Kurniawan, Baskoro Harwindito, Novi Handayani, Reza Imani Syawal, Deri Abdul Ramdanihttps://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/495ANALISIS PROSES REKRUTMEN, ORIENTASI DAN PENEMPATAN KERJA DI GRAND MERCURE JAKARTA KEMAYORAN2025-02-21T07:42:40+00:00Maryetti[email protected]Bayu Anggara Sajangbati[email protected]Ni Made Dwiyana Rasuma Putri[email protected]Anak Agung Istri Putera Widiastiti[email protected]Jesika[email protected]<p><strong>Tujuan: </strong>Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses rekrutmen, orientasi, dan penempatan kerja bagi karyawan di Grand Mercure Jakarta Kemayoran dan untuk mengetahui pelaksanaan proses rekrutmen, orientasi, dan penempatan kerja bagi karyawan memberikan dampak terhadap kelancaran operasional di Grand Mercure Jakarta Kemayoran.</p> <p><strong>Metode:</strong> Penelitian menggunakan kualitatif, dengan menggunakan alat analisis berupa analisis deskriptif. Pengelolah data menggunakan analysis interactive model dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.</p> <p><strong>Implikasi:</strong> Proses rekrutmen, orientasi, dan penempatan kerja di Grand Mercure Jakarta Kemayoran sudah cukup baik dan sesuai dengan SOP perusahaan.</p>2025-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Maryetti, Bayu Anggara Sajangbati, Ni Made Dwiyana Rasuma Putri, Anak Agung Istri Putera Widiastiti, Jesikahttps://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/472POTENSI PASAR TRADISIONAL DALAM PENGEMBANGAN WELLNESS TOURISM: STUDI KASUS PASAR GEDE, SURAKARTA2025-04-10T02:28:12+00:00Bonifasia Yuniar Rifani[email protected]<p><strong>Tujuan:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi pasar tradisional dalam pengembangan <em>wellness tourism</em> dengan mengambil studi kasus Pasar Gede, Surakarta.</p> <p><strong>Metode:</strong> Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus, dengan data diperoleh dari studi pustaka, observasi lapangan partisipatif, dan wawancara mendalam dengan para pedagang rempah dan jamu yang dipilih secara <em>purposive sampling</em>. Analisis data menggunakan pendekatan interpretif dengan teknik analisis tematik yang menghasilkan lima tema utama: nilai historis dan budaya, produk dan layanan wellness, modal sosial dan pengetahuan tradisional, pengalaman wisatawan yang holistik, serta integrasi dengan destinasi wellness regional. </p> <p><strong>Implikasi</strong>: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pasar Gede memiliki potensi signifikan dalam pengembangan <em>wellness tourism</em> yang tercermin melalui lima aspek utama: nilai historis dan budaya yang kuat sebagai pusat perdagangan rempah sejak masa lalu, keberagaman produk dan layanan <em>wellness </em>tradisional seperti rempah-rempah dan jamu, modal sosial berupa pengetahuan tradisional yang dimiliki para pedagang, pengalaman holistik yang merangsang seluruh indra wisatawan, serta</p> <p> </p> <p>lokasi strategis yang memungkinkan integrasi dengan berbagai daya tarik <em>wellness</em> lainnya di Surakarta. Temuan ini mengimplikasikan bahwa pasar tradisional dapat diintegrasikan ke dalam pengembangan <em>wellness tourism</em> melalui optimalisasi potensi warisan budaya dan pengetahuan tradisional, dengan tetap mempertahankan autentisitas sambil mengakomodasi kebutuhan wisatawan modern.</p>2025-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Bonifasia Yuniar Rifanihttps://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/483METAHUMAN DAN ARTIFICIAL INTELLEGENCE (AI) DALAM DESTINATION BRANDING DI DESA WISATA INDONESIA2025-03-24T07:28:59+00:00Budi Setiawan[email protected]Fardiemansyah[email protected]Agi Santri[email protected]Yunistri Pratiwi[email protected]Baskoro Harwindito[email protected]<p>Penelitian ini membahas penerapan konsep Metahuman dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/A.I.) dalam strategi destination branding untuk desa wisata di Indonesia. Di tengah perkembangan teknologi digital yang pesat, penting bagi desa wisata untuk mengadopsi inovasi guna meningkatkan daya tarik dan keberlanjutan destinasi wisata mereka.</p> <p><strong>Tujuan</strong>: Untuk mengeksplorasi potensi integrasi Metahuman dan A.I. dalam memperkuat citra dan promosi desa wisata melalui platform digital. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis studi kasus pada beberapa desa wisata di Indonesia yang telah menerapkan teknologi</p> <p> </p> <p>digital dalam branding</p> <p><strong>Met</strong><strong>ode</strong>: Pendekatan kualitatif dengan metode literature review. Data dikumpulkan melalui telaah sistematis terhadap berbagai sumber akademik, jurnal ilmiah, laporan penelitian, serta publikasi digital yang membahas penerapan teknologi digital dalam destination branding. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi tren, tantangan, serta peluang integrasi Metahuman dan A.I. dalam pengelolaan dan promosi desa wisata.</p> <p><strong>Impli</strong><strong>kasi</strong>: Penggunaan Metahuman dan A.I. dapat meningkatkan interaksi pengunjung dengan destinasi wisata melalui pengalaman yang lebih personal dan inovatif. Teknologi ini dapat menciptakan representasi virtual yang lebih menarik, mengoptimalkan pengelolaan data pengunjung, serta mempercepat proses keputusan dalam promosi. Namun, tantangan utama adalah keterbatasan infrastruktur dan kesadaran akan pentingnya teknologi ini di kalangan pengelola desa wisata. Pembahasan ini memberikan wawasan tentang potensi teknologi digital dalam membangun identitas dan menarik minat wisatawan, serta pentingnya peningkatan kapasitas sumber daya manusia di desa wisata untuk memanfaatkan teknologi tersebut secara maksimal. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi dalam pengembangan destination branding berbasis teknologi di desa wisata Indonesia.</p>2025-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Budi Setiawan, Fardiemansyah, Agi Santri, Yunistri Pratiwi, Baskoro Harwinditohttps://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/510STUDI PENERAPAN GREEN HUMAN RESOURCE MANAGEMENT DI INDUSTRI PERHOTELAN: PERSPEKTIF HOTEL CONRAD BALI2025-04-10T08:13:39+00:00Kadek Dian Jatiwardani[email protected]Ida Bagus Separsa Kusuma[email protected]Ni Nyoman Tri Thika Dewanthari[email protected]I Putu Ari Utama Irawan[email protected]I Made Sujanayasa[email protected]<p><strong>Tujuan</strong>: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Green Human Resource Management (GHRM) di industri perhotelan, dengan studi kasus pada Hotel Conrad Bali. Fokus utama penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana praktik GHRM telah diimplementasikan dalam aspek rekrutmen, pelatihan, evaluasi kinerja, penghargaan, dan disiplin kerja yang mendukung keberlanjutan lingkungan.</p> <p><strong>Metode Penelitian</strong>: Menggunakan pendekatan deskriptif dengan studi kasus. Data primer dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan kuesioner skala Likert kepada manajer dan karyawan hotel, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen internal perusahaan.</p> <p> </p> <p>Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis tematik serta statistik deskriptif, dengan validitas dan reliabilitas instrumen diuji melalui uji korelasi dan Cronbach’s Alpha.</p> <p><strong>Implikasi</strong>:Hasil menunjukkan bahwa penerapan GHRM di Hotel Conrad Bali berada dalam kategori "Baik", dengan skor rata-rata 3,66. GHRM telah diintegrasikan secara cukup konsisten ke dalam operasional manajemen sumber daya manusia. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa GHRM berkontribusi terhadap peningkatan kesadaran lingkungan karyawan dan membentuk budaya kerja yang mendukung keberlanjutan. Penelitian ini memberikan wawasan praktis bagi industri perhotelan untuk mengembangkan strategi SDM berbasis lingkungan yang efektif, serta menjadi dasar bagi penelitian lanjutan dalam mengukur dampak nyata GHRM terhadap kinerja lingkungan secara lebih objektif.</p>2025-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Kadek Dian Jatiwardani, Ida Bagus Separsa Kusuma, Ni Nyoman Tri Thika Dewanthari, I Putu Ari Utama Irawan, I Made Sujanayasahttps://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/456MEDIA FILM DOKUMENTER: SEBUAH UPAYA MEMPROMOSIKAN WISATA KULINER TERAPUNG 16 ILIR PALEMBANG2025-03-24T07:28:41+00:00Dicky Ariansyah[email protected]Dian Sri Andriani[email protected]Mega Nurrizalia[email protected]<p><strong>Tujuan:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah media film dokumenter sebagai upaya mempromosikan wisata kuliner terapung 16 Ilir Palembang.</p> <p><strong>Metode: </strong>Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan angket. Analisis data menggunakan skala Likert dan Guttman. Kepraktisan dan kevalidan media dinilai oleh tiga ahli. Implementasi media promosi berupa film dokumenter dilakukan dalam dua tahap: uji coba satu per satu dan uji coba kelompok kecil.</p> <p><strong>Implikasi:</strong> Film dokumenter ini memiliki validitas 92,36%, menunjukkan kesesuaian dengan tujuan dan kriteria. Kepraktisannya, skor 92,5% (uji satu per satu) dan 95,36% (uji kelompok kecil), membuktikan kemudahan penggunaan, berpotensi meningkatkan kunjungan wisata dan pendapatan lokal.</p>2025-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dicky Ariansyah, Dian Sri Andriani, Mega Nurrizaliahttps://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/509ANALISIS PENGELOLAAN SAMPAH DI PULAU KURA KURA RESORT KARIMUNJAWA: STUDI KEBERLANJUTAN DESTINASI WISATA2025-05-19T02:42:05+00:00Perez Eben Ezer Sidabutar[email protected]Pranoto[email protected]<p><strong>Tujuan:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengelolaan sampah di Kura Kura Island Resort, Karimunjawa, guna mendukung keberlanjutan destinasi pariwisata melalui identifikasi tantangan utama serta rekomendasi strategi perbaikan untuk menciptakan sistem yang lebih efektif dan terintegrasi.</p> <p><strong>Metod</strong><strong>e Penelitian</strong><strong>: </strong>Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dengan pengelola dan masyarakat, observasi langsung di lapangan, dokumentasi visual, serta Focus Group Discussion (FGD). Analisis dilakukan melalui reduksi data, kategorisasi temuan, dan interpretasi untuk memperoleh gambaran menyeluruh terhadap praktik dan tantangan pengelolaan sampah di resort.</p> <p><strong>Implikasi: </strong>Hasil penelitian ini memberikan dasar bagi penguatan sistem pengelolaan sampah berkelanjutan melalui peningkatan edukasi wisatawan, pengembangan fasilitas pengolahan sampah organik, pemanfaatan teknologi pemantauan, serta kolaborasi yang lebih erat antara pengelola resort dan masyarakat sekitar.</p>2025-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Perez Eben Ezer Sidabutar, Pranotohttps://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/503RAHASIA DIBALIK KESUKSESAN RESTORAN MICHELIN STAR2025-06-19T02:55:21+00:00Moch Nur Efendi[email protected]Dicky Astra Wijaya[email protected]I Gede Alit Satya Prenamy[email protected]Clark Theophilus Paulalengan[email protected]<p><strong>Tujuan : </strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh Restoran Art di Daniele Sperindio Singapura untuk mempertahankan predikat <em>Michelin Star</em> dan<strong> </strong>penghargaan dari Gambero Rosso sebagai <em>Ristorante dell'Anno</em>.</p> <p><strong>Metode</strong> <strong>:</strong> Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka.</p> <p><strong>Implikasi:</strong> Konsistensi kualitas makanan merupakan faktor penting dalam mempertahankan predikat tersebut. Upaya mempertahankan konsistensi kualitas makanan yang dilakukan di restoran Art di Daniele Sperindio Singapura, yaitu <em>daily food tasting</em>, penggunaan alat yang tepat, pengadaan bahan baku dari supplier yang terpercaya, pelatihan staf dapur secara berkelanjutan, proses rekruitmen, kepemimpinan yang hebat, dan pelaksanaan fungsi manajemen dapur yang efektif.</p>2025-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Moch Nur Efendi, Dicky Astra Wijaya, I Gede Alit Satya Prenamy, Clark Theophilus Paulalengan