Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Susu Bear Brand Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Pt. Berito Pangan Makmur)

Authors

  • Yuni Deviyanti Politeknik Sahid
  • Reza Imani Syawal Politeknik Sahid
  • Baskoro Harwindito Politeknik Sahid
  • Mita Purnamasari Politeknik Sahid
  • Shiella Novelia Politeknik Sahid

DOI:

https://doi.org/10.56743/jstp.v7i2.334

Keywords:

Harga, Promosi, kualitas, Minat Beli Pelanggan, Susu Bear Brand

Abstract

Susu merupakan salah satu produk konsumsi yang sudah tidak asing lagi bagi seluruh masyarakat. Meskipun tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia masih dinilai rendah, namun produk ini tidak pernah lepas dari mata para konsumen. Saat ini terdapat banyak sekali brand susu di pasaran yang berakibat pada naiknya persaingan produk di mana hal ini tentunya akan berpengaruh pada minat konsumen. Supaya tetap dapat menarik minat konsumen, perusahaan-perusahaan susu tentunya harus melakukan analisis pasar dengan tetap memperhatikan kualitas produk sehingga harga dan promosi yang diberikan tepat sasaran, seperti halnya salah satu brand susu yang banyak diminati di pasaran saat ini, yaitu Susu Bear Brand dari PT Berito Pangan Makmur. Penelitian bersifat deskriptif-kuantitatif dengan responden 79 orang dari PT Berito Pangan Makmur ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga, promosi dan kualitas dari susu bear brand terhadap minat beli konsumen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa > 40% responden menyetujui bahwa harga, promosi, dan kualitas dari produk mempengaruhi minat beli konsumen di mana data ini didukung oleh hasil uji reabilitas menggunakan rumus cronbach alpha yang mana suatu instrumen dinyatakan reliabel apabila nilai Alpha ≥ 0,60 dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua faktor tersebut memiliki nilai ≥ 0,60 yang berarti hasil penelitian dinilai valid. Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat bahwa faktor-faktor seperti harga, promosi dan kualitas dari produk susu cukup mempengaruhi minat beli konsumen. Sebagaimana dijelaskan pada hasil uji T secara parsial bahwa variabel harga dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli, sedangkan variabel promosi tidak cukup signifikan terhadap variabel minat beli.

Downloads

Published

28-06-2022

How to Cite

Deviyanti, Y., Syawal, R. I., Harwindito, B., Purnamasari, M., & Novelia, S. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Susu Bear Brand Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Pt. Berito Pangan Makmur). Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 7(2), 121–132. https://doi.org/10.56743/jstp.v7i2.334